Tips Tidur Nyenyak

Tips Tidur Nyenyak - Salah satu kunci kesehatan adalah makan yang teratur, 4 sehat dan 5 sempurna, lalu cukup istirahat, dan tidak boleh stress. Hal –hal di atas adalah hal yang umum diketahui oleh sebagian orang. Apabila kita kekurangan asupan dari salah satu saja hal di atas, maka keseimbangan tubuh akan terganggu dan kita akan menjadi sakit. Tidur adalah salah satu kegiatan yang paling penting untuk menjada kesehatan kita adalah tidur. Dan kekurangan tidur bisa berakibat banyak, diantaranya tubuh tidak akan cukup kuat untuk berdiri karena mata yang lelah karena kekurangan tidur akan memperlemah penopangan pada tubuh. Selain itu tubuh akan lebih sulit memproduksi antibody, maksudnya antibody yang diproduksi akan lebih lambat dan menyebabkan siapapun yang kurang tidur menjadi sakit. Dan yang terakhir apabila kekurangan tidur pada tingkat tertentu akan membuat otak terprogram untuk reboot secara otomatis, yang artinya kita akan tiba –tiba kehilangan kesadaran seperti pingsan, tetapi bukan pingsan akan tetapi tidur.


Jadi untuk membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit, atau tidak tertidur tiba –tiba saat mengendarai kendaraan maka kalian harus mengatur jam tidur kalian agar kalian bisa mendapatkan tidur yang nyaman. Saya disini akan memberikan beberapa tips untuk membuat tidur nyenyak:

1. Berolahraga
Berolahraga memang sangat sulit dilakukan, masalahnya hanya satu untuk tips ini. Karena hanya malas yang bisa membuat kita malas berolahraga. Akan tetapi di balik itu semua olahraga memang mempunyai banyak manfaat, antara lain membantu anda tertidur pada malam hari

2. Jadwalkan waktu tidur
Hal ini perlu dilakukan untuk membatasi dan memperluas waktu tidur anda semua. Karena dengan waktu tidur yang cukup maka maka anda akan lebih mampu mengistirahatkan otak dan mata dan bisa menyegarka otak serta mata mereka.

3. Mengenali kebiasaan
Setelah dua point yang di atas  maka langkah selanjutnya adalah mengenali kebiasaan yang kalian miliki. Misalnya kalian memiliki kebiasaan untuk menonton film kartun sebelum tidur, maka apabila waktu tidur anda jam 11.00 malam, anda paling tidak maksimal telah menontn film kartun dibawah jam 11 agar saat jam 11 tepat anda mampu tidur dengan nyaman.

4. Tidak mengkonsumsi masakkan berat sebelum tidur
Tips untuk tidur nyenyak kali ini memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Makanan berat mempunyai potensi mengurangi keinginan kita untuk tidur, karena hal ini tidak baik oleh karenanya hindari makanan –makanan junk food.

5. Matikkan computer
Kebiasaan bagi para penggila computer, baik itu gamer atau surfer penjelajah internet adalah selesai menggunakan computer langsung tidur. Sebaiknya anda memberi jeda antara waktu anda selesai menggunakan computer dengan waktu anda saat ingin tidur. Karena otak saat selesai menggunakan computer masih dalam keadaan siaga yang artinya anda akan kesulitan untuk tidur saat otak dalam keadaan siaga. Jadi sebaiknya anda mendinginkan otak kira –kira setengah jam sebelum anda dapat memulai tidur.

6. Tidak mengobrol sewaktu ingin tidur
Ini kurang lebih sama dengan no 5. Jadi otak yang dalam keadaan siaga perlu didinginkan, jadi anda sebaiknya tidak mengobrol melalui handphone sebelum tidur.

7. Matikkan lampu kamar anda
Tips untuk tidur nyenyak selanjutnya ialah beristirahat dalam keadaan ruangan gelap. Karena ruangan yang gelap akan lebih memacu anda untuk lebih mengantuk dibanding dengan ruangan yang terang.

8. Kasur
Kasur yang tidak nyaman merupakan salah satu penghambat  kenyamanan kita untuk tidur, jadi apabila anda menemukan kasur yang masih tua maka hancurkan aja.

9. Lingkungan tempat tidur
Tips untuk tidur nyenyak yang terakhir adalah lingkungan tempat tidur. Artinya kita harus sudah mengatur timer pada AC apabila anda memiliki AC agar kita tidak bolak –balik mematikkan AC, atau anda dapat menyiapkan selimut yang cukup tebal agar tidak kedinginan dan bangun tiba –tiba.

Sekian tips tidur nyenyak kali ini, semoga bermanfaat