Berkunjung ke Desa Wisata Tembi

Berkunjung ke Desa Wisata Tembi - Indonesia merupakan salah satu Negara yang kaya akan bahasa, suku, dan budaya. Oleh karena itu banyak turis asing yang pergi wisata dengan tujuan Negara Indonesia. Sayangnya kita yang menjadi warga Negara Indonesia ini malah terpengaruh dengan mode dan fasyion orang –orang barat. Padahal orang barat sendiri seperti telah dibilang tadi, datang ke Indonesia untuk mempelajari budaya Indonesia karena kagum akan budaya Indonesia yang beragam. Dan hal di atas menjelaskan pertanyaan kenapa banyak budaya bangsa Indonesia yang dicuri. Untuk itu kita harus mengetahui budaya kita yang masih ada di Indonesia satu persatu agar tidak ada lagi budaya kita yang hilang dari tanah pertiwi tempat kita dilahirkan.


Banyak kawasan wisata budaya yang ada di Indonesia, termasuk kawasan Malioboro di Yogyakarta dan kawasan Dusun Tembi yang juga terdapat di Yogyakarta. Sekarang dusun ini dinamakan Desa Wisata Tembi atau dikenal dengan nama Rumah Budaya Tembi. Desa wisata ini memiliki lahan seluas 3000 meter persegi dan terbagi –bagi menjadi beberapa ruangan termasuk diantaranya pendopo, lalu galeri, dan sebuah perpustakaan. Di tempat ini anda dapat melihat –lihat berbagai macam pembuatanan aneka kerajinan tangan khas Yogyakarta seperti misalnya  keranjang anyaman, dan juga aneka dompet.

Selain itu untuk anda yang menyukai batik, disana anda dapat mempelajari cara membatik karena pada Desa Wisata Tembi disediakan tempat untuk anda belajar membatik. Tidak hanya membatik, disana juga disediakan pula aneka perabotan tradisional seperti keris, lalu peralatan dapur, dan juga aneka senjata zaman dahulu. Pada rumah budaya ini pun disediakan foto siklus hidup masyarakat jawa pada umumnya seperti Mitoni, dan Tedhak Siten, lalu Supitan, serta Manten yang anda bisa lihat juga pada Desa Wisata Tembi ini
Tidak perlu terlalu serius untuk mempelajari budaya –budaya di Indonesia ini. Karena mempelajari budaya seharusnya adalah hal yang seharusnya menyenangkan. Apabila anda sedang tidak memiliki mood saat itu anda mampu merelaksasikan diri anda atau membuat diri anda nyaman di Desa Wisata Tembi ini karena dari namanya Desa ini bukan hanya memiliki nama Rumah Budaya Tembi melainkan juga Desa Wisata Tembi. Nama tersebut bukanlah dipilih tanpa alasan.

Alasan kenapa nama ini juga digunakan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan situasi dan kondisi desa ini adalah karena benar desa ini juga digunakan untuk tujuan wisata yang melibatkan kenyamanan diri anda. Desa ini menyediakan fasilitas kamar –kamar yang unik pula yang bertempat di pondok. Memiliki Wi –Fi gratis yang terdapat di seluruh area homestay yang memudahkan anda mengetahui kabar tentang rumah, maupun orang yang anda sukai dari jarak jauh, maupun untuk update status social media tentang asiknya berwisata di tempat ini.