Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mata

Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mata - Mata adalah salah satu Organ Panca Indra yang sangat penting. Dengan adanya mata maka anda dan melihat indahnya Dunia, sungguh suatu nikmat yang harus kta syukuri, terhadap apa yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada kita. Lalu bagaimanakah cara kita bersyukur dengan diberikannya panca indra penglihatan ini. salah satunya adalah dengan merawat panca indera penglihatan ini dengan sebaik-baiknya. Pada artikel ini saya akan memberikan beberapa tips sederhana bagaimana cara melakukan perawatan  pada mata dan sekaligus sebagai bukti rasa bersyukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas diberikannya Panca Indera Pengikatan ini.


Untuk lebih jelasnya dalam perawatan mata, simaklah artikel dibawah ini.
1. Jarak Ideal dalam membaca buku
Jika anda suka sekali membaca buku, maka resiko anda mengalami rabun dekat/miopi pada mata anda lebih besar, kecuali anda menerapkan jarak ideal ketika membaca antara buku dan mata anda. Dengan begitu resiko akan dampak rabun dekat/miopi pada mata anda dapat diminimalisir. Jarak ideal dalam membaca antara Buku dan mata adalah 30 Centimeter. Jadi usahakan jika anda sangat hobi sekali membaca buku dan ketika anda sedang membaca perhatikanlah jarak ideal membaca tersebut, dengan begitu resiko rabun dekat/miopi pada mata anda dapat diminimalisisr bahkan dihilangkan.

2. Hindari membaca pada posisi tiduran
Ini adalah kebiasaan seseorang yang sangat susah dihilangkan, Ya membaca sesuatu pada posisi tidur. Kebiasaan jelek in sangat tidak bagus terhadap kesehatan mata anda. Dampaknya adalah sama pada point pertama, dimana rabun dekat/miopi dapat mengganggu kesehatan mata anda. Jadi jika anda sedang membaca sesuatu, hindarilah membaca dengan posisi tidur karena akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata anda.

3. Penarangan cahaya Lampu yang Cukup
Hal ini juga yang sering disepelekan oleh setiap orang, dimana tingkat penerangan cahaya yang kurang, tetapi kegiatan membaca masih terus dilakukan ditempat tersebut. Tingkat cahaya yang kurang tadi memberikan dampak kerja yang berat terhadap pupil mata, dimana kita tahu, bahwa pupil mata ini bertugas sebagai alur masuknya cahaya pada mata agar objek gambar yang jatuh tepat pada retina mata, dengan adanya penerangan cahaya yang kurang, membuat kerja dari pupil ini meningkat, hal tersebut yang berakibat fatal akan kerusakan pada pupil mata anda, dan dampaknya juga sama pada point sebelumnya dimana rabun dekat/miopi dapat saja menyerang kesehatan mata anda. Jadi jika anda sedang berapa pada suatu tempat yang minim akan cahaya, hindarilah kegiatan baca ditempat tersebut, karena nantinya akan berdampak pada gangguan kesehatan mata anda seperti rabun dekat/miopi tadi.

4. Asupan gizi yang cukup untuk mata anda
Asupan gizi yang cukup pada mata anda menjadi prioritas utama dalam menjaga kesehatan mata anda. Asupan Gizi yang dimaksud adalah dengan memakan makanan yang mempunyai kandungan gizi yang dibutuhkan pada mata anda. Jenis makanan apa yang dimaksud, ya jenis makanan yang banyak mengandung vitamin A seperti Wortel, Tomat, Bayam, Buah Alpukat yang mana jenis bahan makanan tersebut memang banyak sekali terkandung vitamin A, jenis Vitamin yang sangat dibutuhkan oleh mata anda. Jadi jika anda ingin memiliki kesehatan mata yang baik, maka anda perlu mengkonsumsi jenis bahan makanan yang banyak mengandung vitamin A yang contoh jenis makanannya dapat dilihat pada penjelasan diatas.

5. Istirahat Mata Yang Cukup
Istirahat mata yang cukup. Jangan terlalu memporsir mata karena hal tersebut sangat tidak baik untuk kesehatan mata anda. Misal jika anda sering berinteraksi dengan display layar pada komputer dalam rentan waktu yang cukup lama, maka anda harus memiliki waktu istirahat yang cukup karena bekerja didepan display layar komputer tadi, sangat membuat mata anda menjadi kelelahan, istirahatkan mata harus anda lakukan sebelum berdampak pada kesehatan mata anda.

Demikian beberapa Tips sederhana yang saya rangkum dalam merawat kesehatan mata sebagai ras bersyukur kita terhadap pemberian Tuhan yakni Panca Indera Penglihatan ini. Dengan mengikuti beberapa Tips diatas dapat dipastikan kesehatan mata anda akan baik-baik saja tanpa adanya gangguan kesehatan mata lainnya.