Dataran Tinggi Dieng, Tempat Wisata Indah di Tanah Jawa

Dataran Tinggi Dieng, Tempat Wisata Indah di Tanah Jawa - Dataran Tinggi Dieng adalah salah satu tempat wisata yang terletak di bagan barat Indonesia tepatnya di kabupaten Wonosobo profinsi Jawa Tengah. Dataran Tinggi yang terletak di antara gunung Sindoro dan Sumbing ini mempunyai panorama pemandangan yang luar biasa. Selain itu Dataran Tinggi Dieng ini juga terkenal akan penghasil sayuran seperti wortel, bawang dan kubis. Namun Hasil Tanam yang paling terkenal dari Dataran Tinggi Dieng ini adalah Tumbuhan Kentang, dimana pada kawasan Dataran Tinggi ini sebagai penghasil kentang terbaik di Indonesia, dan sebagian dari hasil panen dari kentang ini didistribusikan ke kota-kota besar seperti jakarta, bandung, dan kota besar lainnya.


Selain pemandangan panorama yang menakjubkan, ada beberapa objek wisata yang tidak boleh anda tinggalkan jika anda telah berada di Daratan Tinggi Dieng ini, Objek Wisata apa aja mari kita simak bersama.

1. Telaga warna
Telaga yang mempunyai keajaiban dalam menghasilkan warna-warna seperti hijau, merah, biru dan lembayung. Warna yang dihasilkan oleh telaga ini di karenakan adanya proses kimia yang terjadi di dalam telaga tersebut. Warna berubah pada telaga tersebut seakan menambah indahnya pemandangan yang diciptakan oleh Dataran Tinggi Dieng.

2. Kawah Sidikang, Sileri, dan sinila
Ketiga kawah tersebut yaitu kawah Sidikang, Sileri dan sinila pernah mengalami peletusan pada tahun 1997 silam, atas kejadian tersebut sekitar 149 korban jiwa melayang atas kejadian tersebut, tetapi sampai saat ini ketiga kawah tersebut mempunyai panorama yang indah, dimana siap melengkapi keindahan Dataran Tinggi Dieng ini.

3. Telaga Mardada
Telaga Mardada dimana Telaga ini merupakan Telaga Terbesar yang berada di Dataran Tinggi Dieng, keistimewaan dari Telaga ini adalah, jika musim kemarau menyerang Telaga Mardada ini tidak pernah surut akan persediaan airnya, Air dari telaga ini juga sering dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk pengairan ladang pertanian mereka. Biasanya Parawisatawan menghabiskan waktu luangnya di Telaga Mardada ini dengan memancing, atau sekedar berkeliling dengan menggunakan perahu kecil yang tersedia disana.

4. Telaga Pengilon
Telaga Pengilon yang mana berada persisi di sebelah telaga warna, yang mana keunikan dari telaga ini adalah, dimana warna air yang ada di telaga ini bening seperti tidak ada campuran belerang di dalam air telaga tersebut. Untuk panorama pemandangan sendiri yang dihasilkan oleh Telaga Pengilon ini tidak kalah menarik dengan pemandangan di sekitar Dataran Tinggi Dieng.

5. Selain terdapat Telaga serta kawasan kawah di Dataran Tinggi Dieng ini juga terdapat kilas sejarah, dimana di kawasan dataran Tinggi Dieng ini banyak sekali candi-candi bersejarah seperti Candi Dwarawati, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Setyaki, Candi Gatot kaca dan candi-candi yang lain.

Demikian ulasan tentang Tempat Wisata Dataran Tinggi Dieng, dimana jika anda berada ditempat tersebut, maka anda wajib mengunjungi ke lima objek wisata yang tidak kalah menarik di Dataran Tinggi Dieng.