Resep dan Cara Membuat Tumis Daun Pepaya

Resep dan Cara Membuat Tumis Daun Pepaya - Tumis –menumis adalah kegiatan yang biasanya selalu ada pada proses masak –memasak. Biasa dilakukan ialah menumis bawang, dan itu memang bagian dari proses memasak yang akan membuat bumbu yang digunakan menjadi lebih nikmat.Dan ternyata tidak hanya membuat bumbu yang merupakan bagian dari memasak, menumis juga termasuk memasak itu sendiri atau untuk lebih mudahnya ada banyak masakan yang proses pembuatannya juga ditumis keseluruhannya bukan hanya bumbunya saja.

Tumis daun pepaya pindang adalah salah satunya. Masakkan yang berbahan dasar daun pepaya ini juga menggunakan proses menumis untuk pembuatannya. Perpaduan yang sangat cocok untuk daun pepaya, menggunakan proses menumis untuk pengolahannya.

Resep dan Cara Membuat Tumis Daun Pepaya

Untuk membuat tumis daun pepaya pindang ini diperlukan bahan –bahan seperti dibawah ini:
100 gram daun pepaya
1 ekor ikan pindang yang usahakan segar
15 gram kemangi bersih
Minyak secukupnya
5 butir bawang merah
2 cm jahe
1 batang serai
50 gram cabai hijau
Garam secukupnya
Air secukupnya

Langkah - langkahnya :
  1. Selalu yang menjadi hal pertama dalam memasak adalah menyiapkan bahan –bahan yang tersedia menjadi lebih siap pakai. Sekarang siapkan panci dan taruh air di dalamnya lalu rebus daun pepaya. Beri sedikit garam pada rebusan daun pepaya dan rebus hingga daun pepaya lunak.
  2. Selanjutnya siapkan penggorengan dan tuang minyak ke dalamnya. Panaskan. Minyak hingga dirasa cukup lalu masukkan ikan dan goreng hingga warna ikan berubah menjadi agak kecoklatan lalu angkat ikan dan tiriskan. setelah di tiriskan suwir –suwir daging ikan dan tiriskan ke dalam suatu wadah agar ikan yang telah di suwir tersebut tidak kotor.
  3. Selanjutnya cincang 2 cm jahe kasar –kasar dan ambil batang serai lalu pisahkan bagian putihnya saja untuk digunakan. Dan jangan lupa bawang merah yang telah disiapkan untuk dikeprek secara kasar untuk dihancurkan lalu tiriskan.
  4. Langkah selanjutnya ialah kembali siapkan penggorengan dengan minyak di dalamnya. Apabila telah panas maka masukkan bawang merah ke dalamnya. Tumis hingga harum lalu masukkan jahe ke dalam tumisan serta serai ke dalamnya. Tumis kembali dan aduk rata lalu masukkan cabai hijau dan garam secukupnya ke dalam tumisan dan aduk merata. Terus aduk tumisan hingga kalian yakin tumisan telah rata lalu masukkan ikan pindang yang telah di suwir tadi ke dalam tumisan. Aduk kembali hingga rata lalu masukkan daun pepaya ke dalamnya juga dan aduk kembali hingga merata.
  5. Aduk terus tumisan hingga isi di dalamnya baik itu daun pepaya maupun cabai hingga layu, dan apabila semuanya telah layu masukkan daun kemangi ke dalam tumisan. Tumis dan aduk kembali hingga daun kemangi layu, lalu tambahkan air secukupnya dan aduk rata kembali. Masak hingga air mendidih lalu angkat dan sajikan tumis daun pepaya pindang ke atas meja hangat -hangat.