Resep dan Cara Membuat Nasi Kuning Manado

Resep dan Cara Membuat Nasi Kuning Manado - Kembali lagi membahas aneka jenis makanan. Karena saya dan kalian pembaca tulisan ini memiliki satu kesamaan yaitu sama –sama menyukai entah itu makanan maupun memasak. Yang akan saya bahas kali ini adalah si kuning yang selalu hadir di setiap acara. Siapakah dia? Kalian pasti tau masakan bernama nasi kuning. Karena resep kali ini memang benar membahas nasi kuning. Untuk lebih jelasnya nasi kuning yang akan kita bahas kali ini adalah nasi kuning asal manado.

Resep dan Cara Membuat Nasi Kuning Manado

Berikut adalah bahan –bahan yang harus disiapkan untuk membuat nasi kuning:
300 gram beras
500 ml santan yang didapat dari seperempat butir kelapa
Garam ¾ sendok teh
50 gram kunyit yang sudah diparut lalu diperas dan diambil 25 ml airnya saja
1 batang serai yang sudah dimemarkan
3 lembar daun pandan
4 buah cabai merah keriting
2 buah cabai merah besar
3 buah cabai rawit merah
2 siung bawang putih
4 siung bawang merah
Setengah sendok teh terasi yang sudah dibakar
1 cm jahe
1 buah tomat merah

Untuk bahan pelengkap siapkan bahan –bahan berikut:
4 potong semur daging dan tahu
50 gram ubi kering
Telur rebus secukupnya
Bawang merah goreng secukupnya

Simak penjelasan resep nasi kuning manado dibawah :
  1. Langkah pertama yang perlu kita lakukan ialah membuat nasi kuning. Jadi untuk membuatnya pertama kita perlu merebus santan ke dalam panci. Tunggu beberapa saat lalu masukkan bahan lainnya seperti garam, dan air kunyit. Dan jangan berhenti sampai disini, segera masukkan serai dan daun pandan ke dalam panci lalu aduk hingga merata dan rebusan sudah mulai mendidih. Setelah mendidih masukkan beras ke dalam panci lalu kembali aduk beras dan campuran santan tersebut hingga campuran air santan tadi meresap ke dalam beras lalu tiriskan beras setelah air rebusan santan meresap semua ke dalam beras.
  2. Bersihkan panci yang tadi dipakai jika anda tidak memiliki panci lagi untuk kegiatan selanjutnya. Lalu kukus beras yang telah meresap air campuran santan tersebut menggunakan panci tersebut jika kalian memiliki rice cooker maka cukup set agar beras siap matang. Akan tetapi jika kalian tidak memiliki rice cooker maka seperti yang tadi dijelaskan, gunakan panci tadi untuk mengukus beras hingga beras tersebut matang dan menjelma menjadi menu utama dalam setiap kegiatan makan, yaitu nasi. Gunakan api sedang untuk mengukus beras, dan biasanya waktu yang diperlukan untuk mengukus beras tersebut adalah sekitar 30 menit atau setengah jam.
  3. Setelah selesai sajikan nasi kuning hangat –hangat dan jangan lupa tambahkan bahan pelengkap di sebelah nasi. Ikut sertakan potongan semur daging dan tahu yang tadi kalian siapkan bersama ubi di sekitar pinggir nasi. Jangan lupa telur rebusnya dan taburan bawang goreng agar rasa gurih bisa didapatkan pada masakan ini.