Resep dan Cara Membuat Sayur Asem Sunda

Resep dan Cara Membuat Sayur Asem Sunda - Lauk pauk yang sering kita jumpai di rumah makan tentu banyak yang pernah kita cicipi. Dari sayur –sayuran, sup hingga soto dan lain –lain. Namun apakah kita tahu bagaimana cara membuat masakan –masakan –masakan daerah tersebut?. Alangkah baiknya kita tahu bagaimana masakan –masakan tersebut dibuat. Kenapa kita sebaiknya tau cara membuat masakan –masakan tersebut?. Ada beberapa alasan untuk pertanyaan tersebut. Alasan pertama ialah agar lebih hemat. Jika kita makan pada suatu rumah makan, maka otomatis kita perlu mengeluarkan uang lagi untuk memenuhi kebutuhan makan kita ini. Akan tetapi apabila kita tahu bagaimana membuat masakan –masakan itu ada kemungkinan uang yang kita keluarkan untuk membuat satu porsi makanan lebih murah dibanding satu porsi makanan di rumah makan.


Selain itu kesehatan dan kebersihan pada makanan tidak kita ketahui. Karena harga barang sekarang semakin mahal begitu pula harga bahan pokok makanan. Dan alhasil banyak yang mencurangi jumlah makanan dengan mencampur berbagai macam zat agar terlihat lebih banyak.
Masakan yang akan kita bahas kali ini adalah sayur asem. Bukan hanya sayur asem biasa, akan tetapi sayur asem yang akan kita bahas kali ini sayur asen yang luar biasa yaitu sayur asem asli sunda.

Langsung saya sediakan catatan bahan –bahan yang perlu disiapkan:
2 buah jagung manis
2 sendok makan kacang tanah
75 gram kacang panjang
1 buah labu siam yang telah dikupas
2 sendok makan melinjo
Daun melinjo secukupnya
3 hingga 4 buah cabe hijau besar
Lengkuas dimemarkan
2 lembar daun salam
4 sendok makan air perasan asam jawa
Satu setengah liter air
3 siung bawang putih
6 siung bawang merah
1 sendok the terasi bakar
3 cabe merah
Garam secukupnya
1 sendok makan gula merah sisir

Simak langkah-langkahnya :
  1. Langkah pertama yang mesti kita tempuh adalah membuat bumbu halus terlebih dahulu. Ambil 3 siung bawang putih lalu tumbuk menggunakan tumbukan atau biasa dikenal cobek. Tumbuk sampai halus lalu masukkan 6 siung bawang merah ke dalam cobek untuk ikut dihaluskan. Setelah halus masukkan satu –persatu terasi bakar, 3 cabe merah, gula merah sisir dan garam secukupnya hingga semuanya halus lalu sisihkan untuk nanti dipakai.
  2. Setelah itu potong besar 2 buah jagung manis dan setelahnya potong kacang panjang kira –kira 3 cm. sisihkan sementara bahan tersebut dan lanjutkan memotong bahan lainnya. Bahan lainnya yang dipotong adalah labu siem yang dipotong seperti dadu dan potong pula cabai hijau kira –kira 2 cm.
  3. Lalu rebus air hingga mendidih lalu masukkan bahan utama seperti jagung, melinjo serta kacang tanah dan direbus hingga lunak. Lalu tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi ke dalam panci beserta daun salam dan lengkuas yang telah dimemarkan.
  4. Langkah selanjutnya masukkan sisa dari sayuran yang sudah dipotong –potong tadi ke dalam panci dan masukkan air asam, gula, dan tambahkan garam secukupnya lalu aduk hingga rasanya terasa pas di lidah. Biarkan rebusan sayur asam matang lalu hidangkan sayur asam di atas meja hangat –hangat.