Mengetahui Kekurangan Dan Kelebihan 4 Karakter Manusia (Sanguinis, Melankolis, Plegmatis, Korelis)

Mengetahui Kekurangan Dan Kelebihan 4 Karakter Manusia - Mungkin anda mengenal dengan empunya pemilik buku Personality Plus ? ya buku yang didalamnya membahas tentang jenis masalah kepribadian yang dimiliki seorang manusia. Buku ini dikarang oleh penulis terkenal yakni Florence Littauer. Dimana didalam bukunya tersebut Florence Littauer mengadopsi atas pemikiran seseorang yaitu Hipocrates yang mana pada pemikirannya tersebut ia mengungkapkan masalah kepribadian yang dimiliki oleh seseorang seperti Sanguinis, Melankolis, Plegmatis, dan Korelis. Jika kita mengetahui tentang masalah kepribadian pada diri kita nantinya diharapkan kita dapat mengenali potensi yang kita miliki lalu mengembangkannya sesuai dengan potensi tersebut dan kita juga dapat menutupi atas kekurangan yang ada pada diri kita. Banyak sekali bukan manfaat yang akan kita dapatkan bila kita mengenal kepribadian yang ada pada diri kita. Untuk lebih jelasnya mengenai jenis-jenis masalah kepribadian yang dimilki oleh seseorang, marilah kita simak penjelasannya berikut.


Dalam Bukunya  Florence Littauer menjelaskan “dengan mengetahui siapa diri kita, kita akan dapat memahami jiwa kita, belajar beradaptasi yang baik dengan seseorang serta meningkatkan kepribadian kita ” dapat disimpulkan betapa pentinganya mengenal sosok diri sendiri dalam menjalani kehidupan agar apa yang kita punya dapat sebaik mungkin dimaksimalkan serta berusaha pula untuk memperbaiki kekurangan yang dimiliki oleh diri kita sendiri. Dalam buku yang berjudul Personality plus disana dijelaskan bahwa ada 4 jenis keperibadian yang dimiliki oleh setiap seseorang yaitu  Sanguinis, Melankolis, Plegmatis, dan Korelis. Dimana untuk Sanguinis mempunyai karakter manusia yang memiliki kepribadian yang gemar berbicara, Melankonis si Pemikir kritis, korelis giat sekali dalam bekerja, plegmatis bertindak sebagai pendamai. Jika dalam kelompok keempat karakter kepribadian hadir didalamnya, maka warna serta solidnya kelompok tersebut akan hadir, dimana nantinya kekurangan atas karakter satu dengan lainnya dapat saling menutupi. Mungkin anda bertanya bagaimana cara mengetahui sosok diri kita masuk kedalam kategori mana? Lalu bagaimana mengetahui kekurangan serta kelebihan dari masing-masing karakter kepribadian tersebut? Untuk lebih jelasnya kita simak penjelasan dibawah ini

1. Sanguinis
Suatu kepribadian yang identik dengan Berbicara, Optimis, Ekstrovert, biasanya orang yang memilki kepribadian Sanguinis ini memilki ciri-ciri gemar berbicara, Emosi yang naik turun, kurang disiplin terhadap waktu, janji dan planning, agak sedikit pelupa, Hidup penuh warna, senang mencari kepopuleran. Kekuatan yang biasanya dimiliki oleh seseorang sanguinis antara lain ceria penuh rasa ingin tahu, Senang berkumpul dengan teman-teman bertukar pikiran, mudah bergaul serta sangat ingin sekali dipuji dan diperhatin setiap orang. Untuk kelemahannya sendiri yaitu sering membesar-besarkan suatu keadaan, karena identik dengan berbicara, maka si Sanguinis ini sangat sukar untuk diam.

2. Melankolis
Suatu kepribadian yang menuntut perfectsionis dalam bekerja, lebih ke introvert, kritis dalam berfikir, serta pesimis dimana menjadi salah satu kelemahan dari melankolis ini. Ciri-Ciri yang menonjol dari kepribadian melankolis ini seperti melakukan segala sesuatu sesuai pola yang ia buat sendiri, jadi sulit mengambil inisiatif jika perbuatan tersebut tidak sesuai dengan pola yang ia yakini, karena identik dengan kritisnya dalam berfikir maka setiap ia melakukan perbuatan sesuatu akan selalu dipertimbangkan baik buruk maupun kebaikannya, apa yang ia kerjakan hasilnya harus perfectsionis minimal mendekatinya. Jika dalam berbicara apa yang ia keluarkan adalah hasil dari berfikir, analisa serta pertimbangkan. Jadi orang yang berkarakter kepribadian melankolis sangat berhati-hati dalam memberikan statement. Untuk kelemahannya biasanya orang yang memiliki kepribadian melankolis ini sedikit lebih pesimis, karena setiap ada permasalahan akan cenderung melihat dari sisi buruknya akibatnya tekanan serta rasa pesimis tadi yang akan tercipta.

3. Korelis
Suatu kepribadian yang dekat akan keoptimisan, ekstrovert dan rasa percaya diri yang tinggi. Untuk ciri-ciri seseorang memiliki karakter kepribadian korelis ini, biasanya ia senang sekali mengatur-atur seseorang ini dilandaskan atas kepercayaan diri yang kuat yang ia miliki tersebut. Biasanya orang berkepribadian korelis ini akan sukar sekali mempunyai teman, karena karakternya yang suka memerintah tersebut. Untuk Kelebihan karakter manusia dengan kepribadian ini biasanya selalu dinamis, suka bergerak dan benci akan statis, lebih aktif, lalu karena sifatnya yang sering menyuruh-nyuruh tadi ditambah dengan sifat optimis dan kepercayaan diri yang kuat maka biasanya si korelis ini akan sangat mudah dalam pengambilan keputusan. Untuk kelemahannya sendiri biasanya si korelis ini tidak sabaran, dan gejolak emosinya cepat sekali naik jika suatu hal keinginannya tidak cepat dilaksanakan.

4. Plegmatis
Jenis kepribadian yang selalu mencari titik tengah jika ada perselisihan, selalu menghasilkan solusi disetiap masalah dan ia juga dapat menjadi pengamat yang baik dalam suatu permasalahan. Ciri yang menonjol jika seseorang menganut kepribadian plegmatis ini adalah selalu mengalah, karena sifatnya yang selalu mencari titik tengah, misal ada suatu konflik, seseorang yang menganut kepribadian plegmatis lebih baik mundur/mengalah dari pada terjadi suatu konflik. Untuk kelebihannya si plegmatis ini biasanya banyak sekali teman, karena sifatnya yang mengalah tadi, selalu rukun dan damai serta tentram dapat diciptakan pada orang yang memiliki kepribadian plegmatis ini.