Wisata Edukasi Bagi Si Kecil di Kampung Wisata Cinangneng

Wisata Edukasi Bagi Si Kecil di Kampung Wisata Cinangneng - Bingung menentukan tujan liburan demi sang buah hati, coba Ayah Bunda ajak si kecil ke desa Cinangneng, sebuah lokasi liburan wisata yang sangat sarat dengan unsur edukasi. Terletak di dataran tinggi nan sejuk, tidak jauh dari Kota Bogor, di tempat yang sarat dengan panorama pedesaan ini, anak-anak diajak untuk merasakan berlibur khas ala kampung, mulai dari memandikan kerbau, bercocok tanam sejumlah tanaman khas kampung seperti, timun, melinjo, kacang panjang, kopi, hingga menanam, menggarap hingga memanen padi.


Sejumlah tradisi khas jaman baheula yang mungkin tidak dikenal oleh anak-anak jaman sekarang seperti, belajar tari jaipong, bermain gamelan, bermain angklung, membuat wayang dari daun singkong hingga mempuat penganan kue tradisional pun dapat mereka lakukan di sini. Menarik bukan, tapi tidak hanya itu, bersilaturahmi dengan penduduk sekitar pun akan menjadi pengalaman yang menarik, dimana mereka akan disuguhi oleh berbagai macam penganan khas penduduk lokal, seperti beragam gorengan, seperti singkong, pisang dan juga ubi goreng,

Di tempat yang memiliki luas kira-kira 8000 m2 dan berjarak kira-kira 2 jam perjalanan dari Jakarta, dengan menggunakan tol Jagorawi, anda akan tiba dilokasi yang menawarkan pesona alam khas pedesaan yang masih sangat alami. Anak-anak pun dapat menyusuri alam sekitar yang sarat dengan unsur-unsur alam, mulai dari indahnya hamparan sawah, kebun, sungai hingga pegunungan yang mengelilingi lokasi wisata tersebut.

Pada awal berdirinya Kampung Wisata Cinangneng, lebih banyak di kunjungi oleh wisatawan mancanegara, khususnya wisatawan dari negeri Belanda. Dimana para turis dari negara Kincir Angin tersebut sangat ingin merasakan secara langsung suasana alam yang menurut kabar dari kakek nenek mereka, merupakan surga bagi para dewa dewi. Namun seiring dengan berjalannya waktu, tidak hanya wisatawan manca negara yang kerap mengunjungi lokasi wisata ini,  wisatawan lokal, khususnya anak-anak di usia 4 – 12 tahun kerap mengunjungi lokasi ini sebagai sarana untuk berwisata sekaligus menimba ilmu mengenai tradisi para leluhur mereka.

Adalah Hester Basuki, wanita paruh baya keturunan Belanda, yang sebelumnya menggeluti profesinya sebagai pemandu wisata yang pada tahun 1995 tertarik untuk mengembangkan lokasi wisata di lokasi ini. Lokasi liburan yang sangat sarat dengan unsur edukasi ini memiliki sebuah program jagoan yang bernama “Tour Poelang Kampoeng”. Di tempat ini pun fasilitas yang terbilang modern pun terdapat di sini, seperti pendopo, kolam renang dari mata air asli, restaurant, hingga tempat-tempat untuk berbelanja souvenir khas pedesaan dapat anda peroleh di sini.

Nah bagi anda orang tua, yang masih bingung untuk menentukan tempat untuk menghabiskan liburan bersama keluarga, tampaknya Kampung Wisata Cinangneng, dapat menjadi tujuan berlibur anda bersama keluarga di saat liburan nanti tiba.