Penyakit Gagal Ginjal

Penyakit Gagal Ginjal - Ginjal merupakan bagian yang penting dalam tubuh, bila fungsi dari ginjal tidak bekerja dengan semestinya maka tubuh kita akan mudah drop bahkan bisa kehilangan nyawa. Berikut ini adalah gejala-gejala yang timbul bila anda mengidap penyakit gagal ginjal, yaitu terjadinya peningkatan asam dalam tubuh anda, yang terjadi karena ginjal anda tidak dapat menghasilkan bicarbonate yang akan menyebabkan anda mengalami kegagalan organ lainnya atau yang disebut juga dengan istilah Metabolic Acidosis.


Gejala metabolitik Asidosis juga dapat menyebabkan peningkatan asam pada enzim serta dapat juga menimbulkan eksibilitas pada membran jantung serta saraf pada tubuh anda. Dan kesuluruhan yang terjadi adalah penyakit anemia, yaitu berkurangnya suatu sel darah merah. Hal ini bisa menjadi lebih buruk karena Erthoropoietin yang tidak dapat menstimulasikan kepada sumsum tulang, akibat lainnya dari kekurangan sel darah merah adalah berkurangnya asupan oksigen kepada darah, sehingga bisa menghambat peredaran darah dan akibatnya tubuh anda akan mudah terasa lelah dan lemas. Dengan berkurangnya asupan oksigen kepada sel darah merah, maka akibatnya juga bisa meningkatkan asam sehingga penyakit gagal ginjal menjadi lebih kronis karena beban asam atau karbondiosida yang diterima tubuh melebihi batasnya dan dapat memicu penyakit lain pada paru-paru dan jantung anda.

Penyakit gagal ginjal dapat berkembang dengan waktu yang relatif singkat bahkan bisa dalam hitungan jam, dan hari. Salah satu kategori dalam kegagalan ginjal anda, yaitu penyakit gagal ginjal akut yang memiliki tanda-tanda rasa nyeri pada dada anda, mudah merasa ngantuk dan capek atau lelah, serta berkurangnya air seni ketika buang air, dan apabila telah parah maka akan menyebabkan pembengkakan pada bagian tubuh anda karena kelebihan cairan dalam tubuh. Fungsi dari ginjal yang baik adalah untuk menyaring kotoran dari makanan yang anda makan, tetapi apabila fungsinya tidak baik sisa racun atau kotoran dari makanan tidak akan tersaring di ginjal, dan malah menyebar ke seluruh darah sehingga bisa menyebabkan penyumbatan yang sangat parah, karena kotoran atau racun tadi seharusnya keluar dari tubuh melalui air seni atau urine. Dengan anda mengidap penyakit ini maka akan banyak sekali penyakit yang akan timbul seperti serangan jantung, kerusakan pada hati anda, dehidrasi pada tubuh, penyakit lupa atau lupus, menumpuknya kolestrol, dll.

Untuk anda yang masih memiliki ginjal yang baik sebaiknya anda mulai merawatnya dengan tertib dengan cara menjaga asupan makan pada tubuh anda. Tetapi bagi anda yang sudah terkena penyakit ini maka ikutilah semua petunjuk dokter, dan anda harus benar-benar serileks mungkin agar otot-otot dan saraf anda dapat berjalan dengan baik, mungkin anda bisa melakukan terapi pernafasan dengan teknik diafragma atau anda bisa pergi jalan-jalan ke tempat yang benar-benar udaranya sangat segar dan bersih, hingga membuat anda senyaman mungkin. Tetapi bagi anda yang sudah tidak bisa disembuhkan penyakit gagal ginjalnya lakukanlah penggantian ginjal anda dengan cara meminta donor ginjal dari orang lain dengan anjuran Dokter.