Cara Membuat Jus Kulit Manggis

Cara Membuat Jus Kulit Manggis - Buah manggis, jenis buah yang mempunyai nama latin yakni garcinia mangostana ternyata mempunyai banyak sekali manfaat terutama manfaat dalam mengobati berbagai penyakit. Kandungan-kandungan gizi yang dimilikinya membuat buah ini paling dicari karena menyimpan banyak khasiat dari berbagai penyakit. Hal ini dibuktikan dengan banyak beredarnya obat yang mana bahan dasar dari obat tersebut adalah buah manggis tersebut.

Buah yang sering di sebut sebagai queen of fruit/ratu buah ini adalah jenis buah yang memiliki kandunagn antioksidan tertinggi diantara jenis buah lain, sehingga sangat baik untuk perawatan kecantikan wajah khususnya. Kandungan antioksidan tertinggi pada buah manggis ini pula menjadikan banyak produsen olahan kecantikan menjadikan sari buah manggis ini sebagai bahan dasar utamanya.
Selain kandungan antioksidan yang tinggi pada buah manggis, ada sekitar 8 jenis kandungan lainnya yang juga tidak kalah bermanfaat dari tingginya kadar antioksidan yang dimilikinya, misalkan buah manggis kaya akan kandungan Vitamin B1,B2 serta C selain itu kandungan seperti kalsium,zat besi, pottasium, sodium juga terdapat dalam buah ini tidak hanya itu saja manggis juga kaya akan kandungan xanthone, mangostin, garsion, flavonoid, epicatechin, spingomyolinase, serta gartanini. Nahh dari sekian banyaknya kandungan yang dimiliki oleh manggis xanthone adalah jenis kandungan yang paling terbanyak selain antioksidan yakni sebesar 40%. kandungan xanthone yang tinggi ini sangat berkhasiat terhadap segala penyembuhan penyakit, karena cara kerja dari zat xanthone ini adalah dengan memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh serta melindungi sel tersebut.

Xanthone in adalah jenis subtansi kimia alami, yakni sebuah senyawa polyhenolic yang sanagt berguna pada penyembuhan penyakit eperti hepertensi, trombosis, ateroklorolis (adanya plak dipembuluh darah) serta penyakit jantung sekalipun. Jadi janagn pernah meremehkan khasiat dari buah manggis ini karena memang terbukti memiliki kandungan zat yang sangat bermanfaat. Lalu timbul pertanyaan bagaimanakah cara pengolahan buah manggis tersebut? Agar khasiat yang ada didalamnya dapat diterapkan dalam tubuh kita. Anda dapat menjadikan buah manggis sebagai jus, tapi dalam pengolahannya ada beberapa yang harus diperhatikan, agar khasiat yang ada didalam buah manggis tersebut dapat dimaksimalisasi. Untuk mengetahui cara yang benar pengolahan dari buah manggis ini misal dijadikan jus, mari kita simak penuturan pengolahan buah manggis dibawah ini.

Tahapan pengolahan buah manggis menjadi obat dalam bentuk jus yang nikmat adalah sebagai berikut  :

  1. Memisahkan daging buah manggis dengan kulit serta bijinya
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memisahkan kulit, biji, dan daging buah manggis tersebut, karena kandungan yang paling banyak adalah pada bagian kulit manggis, maka kita akan menggunakan kulit manggis sebagai jus kita nanti.

  1. Memisahkan bagian kulit keras pada manggis tersebut
Langkah selanjutnya adalah dengan memisahkan bagian kulit keras luar dari manggis tersebut, anda dapat menggunakan sendok untuk mengeruknya bagian kulitnya tersebut.

  1. Penyimpanan kulit manggis
Tahap selanjutnya adalah melakukan penyimpanan kulit manggis yang telah di pisahkan tadi, anda dapat menggunakan lemari es dalam proses penyimpanan tersebut. Hindari penyimpanan pada tempat yang langsung terkena kontak dengan sinar matahari.

  1. Proses pemblenderan
Tahan selanjutnya yakni proses pemblenderan sampai menjadi jus kulit manggis, tapi ada beberapa yang perlu ditambahkan sebelum melakukan pemblenderan yakni penambahan zat ethanol dan air dengan perbandingan 1 : 2.

  1. Penyaringan xanthone
Setelah proses pemblenderan, segera endapkan jus tersebut selama 24 jam. Kemudian lakukan penyaringan terhadap ampas dari buah manggis tersebut hingga nantinya anda mendapatkan zat xanthone yang mana zat tersebut sangat berkhasiat dalam penyembuhan berbagai penyakit.

Diatas adalah penjelasan cara membuat jus kulit manggis yang bermanfaat untuk menjaga kesehetan anda. semoga sedikit tulisan diatas bermanfaat bagi semua pembaca.