5 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

5 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut - Gigi salah satu bagian tubuh yang sangat penting pada sistem pencernaan didalam tubuh. Dimana tugas utama Gigi dalam proses pencernaan adalah berfungsi sebagai penghancur sampai halus bahan makanan sebelum memasuki ketahap pencernaan selanjutnya. Tanpa melalui pemrosesan penghalusan tersebut maka proses pencernaan akan berlangsung a lot. Dan pasti akan menimbulkan gangguan sistem pencernaan pada tubuh anda. Maka peran gigi dalam proses pencernaan sangatlah penting, maka dari itu kita seharusnya merawat kesehatan gigi kita agar nantinya tidak ada gangguan yang terjadi pada kesehatan gigi dan mulut.


Pada Artikel ini saya akan membahas bagaimana tahapan dalam melakukan perawatan gigi yang mana sangat mempunyai peran yang penting dalam proses pencernaan pada tubuh anda. Untuk lebih jelasnya kita simak penjelasan dibawah ini.

1. Rajinlah menggosok gigi
Menggosok gigi adalah salah satu cara dalam merawat kesehatan gigi dan mulut. Berdasarkan penelitian menggosok gigi sangat disarankan untuk setiap dua kali dalam sehari, yakni pada pagi dan malam hari. Pagi pada saat saran pagi dan malam hari pada saat menjelang waktu tidur. Tentunya dalam menggosok gigi kita perlu juga pasta gigi, dan disarankan pasta gigi yang digunakan harus mempunyai kandungan fluoride. Karena kandungan flouride ini nantinya berguna dalam memperkuat gigi dan menjaga gigi agar tetap putih.

2. Gunakan Sikat gigi yang lembut
Pada saat melakukan penggosokan gigi, pastikan bahwa bulu sikat gigi yang anda gunakan lembut. Tidak keras, karena jika anda menggunakan sikat gigi yang mempunyai bulu sikat yang keras maka nantinya ditakutkan akan melukai gusi pada gigi anda, dan jika gusi pada gigi luka maka kesehatan gigi anda akan terganggu. Jadi sebelum melakukan penggosokan gigi, harus dipastkan bulu sikat gigi yang digunakan harus lembut tidak keras agar terjadinya luka pada gusi gigi dapat diminimalisir.

3. Teknik menyikat gigi dengan alur menyikat gigi yang benar
Dalam menyikat gigi ada teknik sendiri dalam menggosokan gigi, dimana alur yang benar adalah dengan alur atas-bawah, jadi sikat gigi mengikuti alur bagian atas lalu kebawah secara bergantian hingga menjangkau ke seluruh bagian permukaan gigi. Dengan alur tersebut maka dapat dipastikan kotoran serta kuman yang terselip pada celah-celah gigi akan dapat dijangkau sehingga kebersihan gigi dan mulut dapat tercipta.

4. Kurangi makanan yang mengandung gula
Jenis makanan yang banyak mengandung gula seperti permen, dodol, coklat dan jenis makanan yang meninggalkan sisa pada bagian celah-celah gigi lainnya. Jenis makan tersebut harus anda kurangi bukan dihindari, tetapi dikurangi, karena sisa dari makanan tersebut akan sangat fatal jika sisa dari jenis makanan tersebut menyangkut pada celah-celah gigi.dan nantinya akan menimbulkan bakteri jahat dan dampak buruknya adalah adanya lubang pada gigi atau gigi berlubang. Maka untuk menghindarinya kurangilah jenis makanan yang mengandung gula tadi untuk terjaganya kesehatan gigi dan mulut anda.

5. Pemeriksaan ke Dokter gigi
Dokter menyarankan agar selalu memeriksakan gigi anda ke spesialis dokter gigi untuk rentan waktu 6 bulan sekali. Dengan adanya pengkontrolan yang dilakukan oleh Dokter pada gigi anda, maka kesehatan gigi dan mulut anda akan terjamin dari gangguan gigi lainnya.

         Demikian 5 tips yang saya rangkum dalam proses perawatan kesehatan gigi dan mulut, jika anda mengikuti tips tersebut diatas dapat dipastikan kesehatan gigi dan mulut anda akan baik dan terhindar dari gangguan kesehatan gigi lainnya.