Rahasia Cara Mengecilkan Perut Secara Alami

Rahasia Cara Mengecilkan Perut Secara Alami - Memiliki perut rata tidaklah mudah dan itulah mengapa Anda mungkin tergoda mencoba beberapa produk atau peralatan olahraga untuk mendapatkannya. Tetapi mengapa tidak memulainya terlebih dulu dengan hal-hal yang sederhana? Yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti beberapa tips cara mengecilkan perut berikut ini. Melalui tips ini Anda akan memiliki perut rata yang didambakan. Tentu saja, untuk mendapatkannya diperlukan kerja keras dan dedikasi. Anda perlu mengubah kebiasaan gaya hidup sehat untuk merasakan hasil jangka panjang.


Inilah beberapa tips cara mengecilkan perut:

1. Aaerobik

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan perut yang rata adalah dengan berolahraga secara teratur. Anda harus berkeringat dan meningkatkan denyut jantung. Untuk melakukan ini, Anda perlu melakukan latihan kardiovaskular, seperti bersepeda atau jogging selama 30 menit selama lima kali seminggu. Cara ini menjadikan jantung tetap sehat dan tubuh fit. Jika ingin menurunkan berat badan atau mengecilkan perut, lebih baik menambah waktu latihan menjadi 60-90 menit per sesi. Hasilnya, Anda akan kehilangan beberapa gram per minggu dan memiliki perut yang rata lebih cepat. Latihan kardiovaskular efektif membakar sejumlah besar kalori dan menghilangkan lemak di perut.

2. Minumlah air putih

Delapan gelas air sehari akan membantu Anda mencapai tujuan. Menjaga tubuh terhidrasi akan membantu mencegah retensi air. Minum air juga membantu melawan rasa lapar. Jadi jika Anda minum air yang cukup, maka Anda akan makan lebih sedikit. Minum dua liter air sehari akan menjaga kesehatan perut karena air adalah diuretik alami dan air tidak akan tinggal lama dalam perut.

3. Mengontrol porsi makan

Jika Anda secara teratur makan makanan dengan porsi yang lebih besar dari yang seharusnya, memiliki perut rata hampir mustahil. Sebaliknya cara mengecilkan perut yaitu dengan:

  • Menyiapkan porsi yang sesuai 
  • Makan lebih lambat sehingga perut memiliki kesempatan untuk memahami bahwa ia tidak sedang lapar
  • Makan makanan kecil lebih sering. Mendistribusikan kalori sepanjang hari dapat meningkatkan metabolisme Anda karena membantu tubuh untuk memetabolisme makanan terus-menerus. Menjaga metabolisme tinggi membantu membakar lebih banyak kalori dan mengurangi lemak di perut Anda.
  • Buatlah catatan harian makanan. Beberapa orang gagal menurunkan berat badan karena mereka tidak mengetahui berapa banyak kalori yang bisa dikonsumsi di siang hari dalam makanan. Mencatat berapa banyak kalori yang dapat dimakan setiap hari akan mencegah Anda untuk makan berlebihan. 

4. Makan sayuran

Makan banyak sayuran siang hari. Serat yang terkandung dalam sayuran berfungsi untuk:

  • Mempertahankan rasa kenyang
  • Memperlambat pencernaan karbohidrat
  • Menghindari peningkatan lemak

Protein adalah nutrisi penting untuk meningkatkan metabolisme. Proses pencernaan protein membakar kalori lebih dari lemak ataupun karbohidrat. Tambahkan sumber protein pdalam makanan, seperti putih telur, dada ayam atau daging sapi tanpa lemak.

5. Batasi makanan yang menghasilkan gas

Makanan jenis ini tidak harus dimasukkan dalam diet untuk mendapatkan  perut rata. Biasanya jenis makanan ini menghasilkan udara/gas sehingga perut kembung seperti:
Kacang, brokoli dan kubis. Batasi makanan ini dalam menu diet, juga sangat penting untuk menjauhi junk food yang tidak sehat. Hindari minuman ringan dan alkohol. Minuman seperti soda dan bir memiliki efek negatif pada perut yaitu membuat perut  penuh kalori sehingga berkontribusi untuk menaikkan berat badan.

6. Perkuat otot perut

Cara mengecilkan perut adalah dengan melatih otot-otot perut yang terletak di bawah lemak agar menjadikannya tetap kencang dan kuat. Latihan seperti crunch bermanfaat untuk memperkuat otot inti dan membuat perut rata. Otot-otot membutuhkan kalori untuk menopang dirinya sendiri. Dianjurkan melakukan latihan ketahanan sebagai metode manajemen berat badan. Membangun massa otot dengan latihan resistensi seperti push-up.