Aturan Dalam Program Diet Golongan Darah O

Program Diet Golongan Darah O - Kelompok golongan darah O (yaitu tanpa antigen pada membran sel darah merah) lebih memilih makanan yang kaya akan protein hewani dan aktivitas fisik yang intens. Sistem pencernaannya merupakan genetik yang paling kuno: pemburu primitif dan predator.

Program diet golongan darah O adalah diet kaya daging, meskipun masih harus tetap membatasi konsumsi untuk lemak jenuh. Tidak mentolerir produk susu dan sereal karena tidak sesuai dengan sistem pencernaannya.

Penurunan Berat Badan Untuk Golongan Darah O

Anda harus membatasi konsumsi sereal dan kacang-kacangan. Zat yang paling bertanggung jawab untuk kenaikan berat badan adalah gluten dalam biji gandum, lebih umum adalah produk berbasis gandum. Lektin gluten menghambat aktivitas insulin dan mencegah tubuh untuk menggunakan kalori sebagai keperluan energi.  Unsur lain yang umum untuk kelompok darah O adalah tiroid lamban sehingga sering gagal menghasilkan jumlah hormon yang diperlukan untuk menjalankan proses metabolisme penuh.  Hindari juga minuman berkarbonasi.


Penjelasan di bawah ini bisa menjadi ajuan untuk menyusun program diet golongan darah O:
1. Gluten dalam gandum dan jagung dapat mengganggu efisiensi insulin dan memperlambat metabolisme
2. Kacang putih dan kacang-kacangan mengubah pemanfaatan kalori
3. Kembang kol, kubis putih dan merah, mustard menghambat fungsi tiroid dan menambah berat badan
4. Rumput laut, ikan dan makanan laut, garam beryodium  mengandung yodium untuk fungsi tiroid
5. Hati mengandung vitamin B untuk mengaktifkan sistem metabolisme
6. Daging merah, kubis, bayam, brokoli juga berfungsi mengaktifkan metabolisme

Makanan khusus untuk kelompok golongan darah O

1. Daging dan unggas
Tubuh kelompok golongan darah O memiliki kebutuhan besar terhadap protein hewani (tetapi tetap perhatikan porsi, jangan lebih dari 180 gram per makanan). Mencerna daging  dengan baik karena menghasilkan asam klorida dan hormon yang dapat mengatur pencernaan lambung.  Namun, perlu menyeimbangkan asupan protein dengan  sayuran dan buah yang cukup.  Jika tidak, maka cairan lambung akan menjadi terlalu asam dan kondisi itu berbahaya bagi dinding lambung dan duodenum. Jenis daging dan unggas yang dapat dikonsumsi adalah daging domba, sapi, bebek, kelinci, ayam, burung puyuh, kalkun. Menu program diet golongan darah O sebaiknya menghindari babi, angsa, sosis pada umumnya.

2. Ikan, kerang dan makanan laut
Ini merupakan sumber lain dari protein hewani. Ikan dari air dingin, seperti makarel, cod mengandung lemak pengencer darah sehiingga mengurangi agregasi platelet dan pembentukan trombus. Ikan ini  juga kaya akan yodium dan oleh karena itu cocok untuk merangsang tiroid dalam darah O. Sebaiknya menghindari  ikan salmon.

3. Susu, produk susu dan telur
Harus ketat dalam membatasi konsumsi produk susu karena orang dengan golongan darah  O tidak dapat mencerna  makanan ini dengan baik. Ini bukan alergi atau masalah pencernaan tetapi oleh reaksi dari sistem kekebalan tubuh menghasilkan antibodi menyeluruh terhadap susu dan produk susu. Anda masih bisa makan 4 atau 5 butir telur seminggu tetapi hanya sejumlah kecil produk susu. Makanan yang perlu dihindari adalah  semua keju termasuk yoghurt.

4. Sayuran
Sayuran memainkan peranan penting dalam diet golongan darah O tetapi tidak semua sayur dapat dikonsumsi. Hindari kol, kembang kol dan sawi karena dapat menghambat tiroid dan juga beberapa sayuran seperti terong, kentang karena dapat menyebabkan gangguan sendi karena kandungan lektin  cenderung disimpan pada sendi . Jagung dapat menyebabkan obesitas dan diabetes dengan mengganggu aksi insulin.

5. Buah segar
Buah yang bermanfaat bagi darah O adalah melon. Sedangkan strobery, alpukat dan kelapa sebaiknya dihindari karena buah tersebut bersifat asam.