Cara Mengecilkan Pipi Secara Alami

Cara Mengecilkan Pipi Secara Alami - Pipi memainkan peranan penting dalam penampilan setiap orang. Memiliki bentuk pipi yang tirus dan indah akan berpengaruh pada kepribadian. Itulah sebabnya, banyak orang yang ingin mengetahui cara mengecilkan pipi.

Anda mungkin pernah mendengar ada metode operasi untuk mendapatkan bentuk yang  pipi yang ideal,  tetapi sebenarnya metode ini tidak dianjurkan karena berbahaya bagi kesehatan. Operasi mempermak pipi membutuhkan proses yang lama dan uang yang tidak sedikit sampai operasi selesai dilakukan.

Cara mengecilkan pipi bisa dilakukan dengan cara alami dan aman. Ada banyak latihan pipi yang dapat dicoba  untuk menghilangkan kelebihan lemak dari wajah. Cara ini jauh lebih aman dibandingkan operasi pembedahan.


Anda dapat menggunakan metode seperti latihan wajah dan mengkonsumsi makanan sehat agar memiliki bentuk tubuh dan pipi yang sempurna. Fungsi dari latihan wajah adalah dapat menghapus lemak yang tidak diinginkan dari wajah Anda sehingga wajah terlihat indah dan kencang.
Selain metode yang sudah disebutkan di atas, berikut ini beberapa metode lain cara mengecilkan pipi:

1. Melakukan diet
Diet menurunkan berat badan berarti mengecilkan pipi juga. Membakar lemak dalam tubuh termasuk membakar lemak di pipi, hasilnya adalah bisa mengecilkan pipi tembem. Kurangi asupan kalori harian Anda dan lakukan latihan untuk menurunkan berat badan.

2. Tingkatkan asupan cairan
Ketika dehidrasi, tubuh akan menahan air dan dapat membuat pipi kelihatan bengkak. Selain minum 6-8 gelas air per hari, makan makanan dengan kandungan air tinggi seperti seledri, melon, dan semangka dapat membantu tubuh terhidrasi.

3. Konsumsi 1.200 mg kalsium per hari
Asupan kalsium yang tinggi dapat mengurangi retensi air di wajah. Anda bisa mendapatkan sumber kalsium yang dibutuhkan melalui makanan seperti susu dan keju, atau dengan mengkonsumsi suplemen harian.

4. Menghindari zat diuretik
Batasi zat diuretik  yaitu yang menyebabkan tubuh banyak mengeluarkan urine  seperti alkohol dan minuman berkafein.  Batasi juga asupan garam, makanan olahan, makanan cepat saji, keripik dan makanan kaleng dalam menu harian Anda. Hal ini disebabkan karena zat diuretik dan garam yang tinggi dapat membuat tubuh menyimpan air lebih banyak.

5. Lakukan yoga wajah
Facial yoga atau yoga wajah melibatkan berbagai ekspresi wajah untuk mengubah penampilan Anda. Bentuk latihan yoga untuk mengencangkan otot-otot di wajah antara lain:

  • Lakukan gerakan seperti orang yang sedang tersenyum sambil mengepalkan gigi Anda bersama-sama. Tahan gerakan selama 5 detik kemudian lepaskan. Ulangi hingga 10 kali.
  • Gerakan lain dikenal sebagai wajah singa atau menghadapi singa yaitu dengan membuat tegang seluruh otot di wajah hingga terasa kencang. Tahan selama lima detik lalu kendurkan setiap otot.
  • Gerakan lain dengan menghirup udara melalui mulut dan membusungkan pipi. Tutup bibir untuk menahan udara yang ada di pipi dan tahan udara di pipi selama 5 detik, lalu buang napas. Tarik napas dalam-dalam dan lakukan di pipi sebelah kiri saja kemudian beralih ke pipi sebelah kanan. Ulangi latihan ini hingga 10 kali.
  • Mengecilkan bibir seperti hendak mencium seseorang atau gerakan pose yang mengecilkan pipi. Tahan gerakan selama 5 detik dan ulangi hingga 10 kali.
  • Selain itu, dorong lidah di pipi kemudian gerakkan naik dan turun. Lakukan pada masing-masing pipi dan ulangi hingga 10 kali.