Tips Menjaga Kesehatan Mata Agar Selalu Jernih dan Sehat

Tips Menjaga Kesehatan Mata Agar Selalu Jernih dan Sehat - Mata adalah organ yang harus selalu terjaga kebersihan, kesehatan dan kenyamanannya, karena organ yang satu ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga Anda agar bisa melakukan semua kegiatan sehari-hari dengan baik, tanpa adanya kelainan difungsi penglihatan. 

Mata adalah salah satu indera yang paling sensitif karena mudah berair, merah dan masalah gangguan mata lainnya yang disebabkan, baik dari lingkungan luar maupun dari dalam tubuh. Mata lelah bisa terjadi pada siapa saja, khususnya Anda yang tidak bisa lepas dari yang namanya komputer, televisi, handphone dan beberapa elektronik/gadget lainnya yang bisa memancarkan cahaya yang lama kelamaan membuat mata lelah bahkan berair. Gangguan mata yang ditimbulkan dari pancaran cahaya tersebut, lebih jauh bisa menyebabkan rabun. Gangguan mata lainnya, bisa terjadi karena beberapa hal, seperti kemasukan debu, mata bengkak akibat menangis atau kelebihan/kurang tidur dan hal sepele, gigitan binatang yang tidak Anda sadari karena sedang terlelap tidur. 
Lantas, bagaimana jika gangguan mata itu terjadi secara tiba-tiba Anda sama sekali tidak memiliki kesempatan untuk menyembuhkannya karena buru-buru dan harus pergi ke tempat kerja, paling upaya penyembuhan yang bisa Anda lakukan hanya mencuci mata dan meneteskan obat mata. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan dan kejernihan mata agar tampak selalu sehat dan bersinar. 

Lakukan pemeriksaan secara rutin setiap 1 tahun sekali pada dokter khusus yang menangani masalah pada indera penglihatan ini. Memeriksakan kesehatan secara keseluruhan itu penting untuk mengetahui dan mengenal seberapa jauh kesehatan dan kebugaran tubuh Anda, namun tidak sedikit orang yang tidak sanggup untuk melakukan medical check up karena takut jika di dalam tubuhnya memang terdapat penyakit, apalagi dengan kemungkinan buruk, terserang penyakit kronis yang mematikan. Namun, pikiran tersebut adalah pikiran buruk yang terus dipupuk oleh rasa cemas dan rasa takut. Anda harus bisa memerangi rasa takut Anda jika memang ingin benar-benar sehat. Untuk itu lakukanlah medical check up secara keseluruhan, tidak hanya pada indera penglihatan Anda.

Untuk Anda yang gemar memakai lensa kontak, Anda harus menjadi seorang konsumen yang pintar dengan memahami produk yang akan Anda beli. Lensa kontak merupakan produk yang cara pemakaiannya langsung menyentuh mata sehingga Anda harus memilih lensa kontak dengan kualitas terbaik yang seauai dengan mata Anda. Jangan tergiur dengan harga miring yang ditawarkan, lihat dulu kualitasnya sehingga Anda tidak akan merugi. Lensa kontak yang tidak cocok ketika dipakai akan memberikan reaksi negatif, seperti mata merah, gatal dan berair. 

Pakai kacamata sebagai pelindung mata dari teriknya sinar matahari. Kacamata tidak hanya bisa melindungi mata dari sinar matahari, namun juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga mata dari debu dan kotoran asap kendaraan yang bisa membuat mata merah dan perih.

Atur pencahayaan. Ketika Anda bekerja di depan komputer, Anda bisa mengatur pencahayaannya, jangan terlalu terang, atur juga pencahayaan ketika Anda berniat akan membaca buku, jangan membaca sambil tiduran.

Istirahatlah. Mata juga butuh istirahat yang cukup, jadi sebisa mungkin matikanlah lampu sebelum tidur.