YouTube Sebagai Sarana Promosi - Pada saat ini telah banyak orang yang merasakan ketenaran lewat video yang di upload di situs YouTube. Misalnya saja penyanyi Internasional seperti Lady Gaga dan Justin Bieber. Begitu juga yang dari dalam negeri sendiri seperti video klip lip-sync Shinta-Jojo, duet Audrey-Gamaliel, atau video joget Norman Kamaru yang sempat menjadi perbincangan hangat beberapa waktu lalu. Sebenarnya bukan hanya ketenaran selebritas saja yang dapat dipromosikan lewat situ YouTube, tetapi bisnis Anda juga dapat menggunakan YouTube sebagai sarana promosi.
Di website Youtube ini Anda dapat mengunggah video dengan gratis yang kemudian akan dilihat orang banyak dari seluruh dunia. Apabila banyak orang yang menonton video bisnis anda di youtube, maka secara otomasti bisnis Anda akan ikut menjadi terkenal. Pada website YouTube Anda dapat memberikan deskripsi atau keterangan pada setiap video yang anda unggah.
Selanjutnya, yang menjadi pertanyaan adalah video yang bagaimana yang bisa membantu dalam mempromosikan bisnis anda? Anda dapat mengunggah video yang berisi tentang usaha yang sedang Anda geluti. Misalnya saja, apabila Anda adalah pengusaha warung makan sea food maka Anda bisa mengunggah video cara memasak kerang yang enak. Tetapi, jika Anda adalah pengusaha EO (Event Organizer) maka Anda bisa mengunggah rekaman acara yang telah Anda selenggarakan, mulai dari dekorasi ruangan hingga video para penonton/pesertanya.
Rekaman video promosi di YouTube sebaiknya jangan langsung hardselling atau promosi yang secara terang-terangan menunjukkan bahwa anda menjual produk tersebut seperti iklan di televisi. Video yang anda gunakan untuk promosi sebaiknya adalah video yang memberikan solusi dan bantuan yang dibutuhkan orang seperti video cara memasak kerang tadi. Untuk menyiasati promosinya, anda dapat memasukkan alamat website Anda atau nomor telepon usaha Anda di akhir video tersebut.
Keuntungan berpromosi lewat YouTube adalah mempunyai dampak yang mirip iklan di televisi. Seperti yang telah diketahui bahwa iklan televisi muncul dalam bentuk gambar bergerak yang juga disertai dengan suara. Artinya tidak hanya mata audiens yang aktif menyimak namun juga telinganya. Menonton iklan video dari YouTube tentunya akan lebih menghibur dari oada melihat atau membaca artikel dan teks. Menyaksikan video tidak memerlukan konsentrasi yang terlalu tinggi dan bisa dilakukan sambil bersantai, tetapi lebih memancing orang untuk berimajinasi dan dampaknya pun lebih memengaruhi si penonton.
Apabila Anda adalah pengusaha kecil yang tidak mampu beriklan di televisi, maka anda dapat menciptakan efek iklan yang setara dengan TV dengan beriklan di YouTube. Cara ini mempunyai efek yang besar dan juga gratis. Jika Anda tidak mengetahui caranya, bisa juga mencari tips dan tutorial cara beriklan di YouTube. Disana telah banyak tersedia video semacam itu. Semoga ini menjadikan inspirasi untuk sarana promosi bisnis anda. Selamat mencoba!