Sistem Peredaran Darah Pada Manusia

Sistem Peredaran Darah Pada Manusia - Sistem peredaran darah mempunyai peran yang sangat penting dalam tubuh. Dimana fungsi peredaran darah sendiri dalam tubuh yakni sebagai alat tasportasi dalam mendistribusikan  zat makanan ke seluruh tubuh. Zat makanan yang di distribusikan nantinya di gunakan untuk pertumbuhan, penghasil tenagadan kegitan metabolisme tubuh. Di awal sistem peredaran darah sangat penting, karena hanya dalam proses sistem peredaran darah inilah sari-sari makanan di distribusikan ke seluruh tubuh.


Sistem peredaran darah pada manusia terdapat 3 bagian utama, yakni jantung, pembuluh darah,  dan darah. Untuk lebih jelasnya terkait 3 bagian utama sistem peredaran darah ini, akan di jelaskan secara lengkap di bawah ini. 3 bagian utama sistem peredaran darah pada manusia :

1. Jantung
Letak jantung terdapat pada rongga dada tepatnya diatas diafragma. Jantung manusia terdiri dari 4 ruang yakni 2 serambi (atrium) dan 2 bilik (ventriel). Bilik (ventrikel) mempunyai lapisan yang lebih tebal jika dibandingkan dengan serambi(atrium). Hal ini berhubungan, dimana pada bagian kiri berfungsi untuk memompa darah bersih ke seluruh tubuh. Agar darah tetap pada kondisi searah pada bagian klep jantung terdapat valvula semilunaris. Diantara serambi kiri dengan bilik kiri juga terdapat valvula bikuspdalis sedangkan antara serambi kanan dengan bilik kanan terdapat valvula trikupdalis.

2. Pembuluh darah
Pembuluh darah terbagi 3 yaitu :
1. Pembuluh nadi (arteri) yang berfungsi sebagai keluarnya darah dari jantung, untuk pembuluh nadi (arteri) ini juga dibedakan menjadi 2 bagian yakni :
  • Arteri Pulmonalis yang berperan mengalirkan darah dari bilik kanan ke paru-paru yang mengandung CO2 (karbondioksida)
  • Aorta (Nadi besar) berperan dalam mengedarkan darah dari bilik kiri ke seluruh tubuh yang banyak mengandung oksigen.
2. Pembuluh balik (vena) berfungsi untuk mengalirkan darah menuju jantung
pembuluh vena ini juga mempunyai 3 bagian utama yakni :
  • Vena Pulmonalis berperan dalam mengalirkan darah dari paru-paru menuju serambi kiri jantung
  • Vena cava superior berperan mengalirkan darah dari tubuh bagian atas
  • Vena cava inferior berperan dalam mengalirkan darah dari tubuh bagian bawah
3. Pembuluh kapiler merupakan pembuluh darah yang sangat halus, dan pembuluh kapiler ini langsung berhubungan dengan sel-sel jaringan tubuh.

3. Darah
Darah sebagai alat transportasi dalam tubuh. Dalam pendistribusiannya darah tidak mengandung oksigen maupun karbondioksida melainkan zat-zat lainnya yang akan diedarkan ke seluruh tubuh. Zat yang di bawa oleh darah seperti ion-ion, limbah metabolisme, gula,asam amino serta hormon-hormon. Selain berperan sebagai alat transportasi dalam tubuh, darah juga berfungsi dalam mengedarkan panas didalam tubuh. Kandungan darah dalam tubuh kira-kira sekitar 8 % dari total berat tubuh, jadi jika seseorang mempunyai berat tubuh 50 kilo maka dapat ditaksir darah yang terkandung dalam tubuhnya sekitar 4 liter.