5 Penyebab Sakit Pada Telapak Kaki

5 Penyebab Sakit Pada Telapak Kaki - Rasa sakit pada bagian tumit atau telapak kaki biasanya sering dialami ketika bangun tidur atau sedang beraktivitas. Rasa nyeri dan kaku di bagian bawah kaki akan menjadi masalah serius jika tidak ditangani dengan cepat. Kaki bengkak atau kesemutan bisa menjadi awal dari penyakit yang akan menjangkit kaki anda. Namun sebelum mengobatinya, ada baiknya anda mencaritahu terlebih dahulu penyebab sakit pada telapak kaki anda sehingga bisa melakukan tindakan yang tepat.


Rasa sakit di telapak kaki biasanya disebabkan oleh faktor-faktor berikut ini.

Hyperactive
Beragam kegiatan dan aktivitas tubuh yang intens bisa menjadi penyebab sakit pada telapak kaki. Jika anda adalah pekerja yang aktif bergerak atau menyukai olahraga dan dansa tentu akan membuat bagian bawah tubuh anda bekerja lebih ekstra. Berjalan cepat, berlari-lari atau naik turun tangga dengan tergesa-gesa akan memberikan tekanan lebih pada tumit yang bisa membuat kaki anda menjadi kaku, kram atau keseleo.

Overweight
Overweight atau kelebihan berat badan juga menjadi faktor pemicu yang bisa menyebabkan rasa sakit di telapak kaki. Bobot tubuh berlebih bisa merusak jaringan lemak di bagian bawah tumit sehingga akan menyulitkan anda untuk berjalan bahkan berdiri.

Alas kaki
Memakai high heels terlalu lama bisa menyebabkan rasa kaku dan kesemutan pada telapak kaki. Selain itu alas kaki yang terlalu keras, tanpa lekukan atau terlalu longgar juga akan membuat kaki anda menjadi sulit untuk bergerak sehingga mengakibatkan pergeseran otot pada bagian tumit kaki.

Masa kehamilan
Wanita yang sedang hamil pada saat trimester kedua dan ketiga tentu mengalami pembengkakan pada bagian kakinya hingga mengakibatkan ligamen pada telapak kaki menjadi mengendur. Jangan gunakan sendal jepit atau alas kaki yang berukuran lebih kecil karena hanya akan membuat kaki menjadi sakit. Sebaiknya gunakan sendal selop atau alas kaki lain dengan ukuran yang lebih longgar dan nyaman digunakan.

Usia
Faktor usia memang menjadi alasan mengapa anda akan mengalami berbagai rasa sakit di bagian tubuh anda termasuk telapak kaki. Proses penuaan akan membuat lekuk di telapak kaki menjadi datar dan juga memberikan rasa nyeri di bagian bawah tubuh anda.

Penyebab sakit pada telapak kaki bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, namun kelima faktor diatas adalah penyebab umum mengapa anda merasakan rasa sakit seperti ngilu, kram atau kesemutan pada bagian tumit anda. Sebelum bangun sebaiknya gosok kedua kaki anda agar memberikan rasa hangat sebelum menyentuh lantai. Berbagai terapi seperti berendam di air hangat atau mengambil kelereng dengan kaki juga bisa menjadi alternatif pilihan untuk meredakan rasa sakit di bagian telapak kaki sehingga tidak akan mengganggu anda dalam beraktivitas.