Tahukah Anda Fungsi Air Bagi Tubuh ?

Fungsi Air Bagi Tubuh - Tahukah anda bahwa sebagian besar kandungan yang terdapat dalam tubuh kita adalah air. Dan bisakah anda Bayangkan jika kehidupan di bumi ini tidak terpenuhi dengan adanya air, maka jawabannya dapat di pastikan musnahnya semua kehidupan di bumi itulah yang akan terjadi jika kehidupan tanpa adanya air. Mengapa demikian, karena sangat penting dan vitalnya air ini disetiap kehidupan yang berlangsung. Dalam tubuh kita Kehadiran air pun sangat penting bagi tubuh kita, misalnya saja dimana air sangat membantu dalam kegiatan metabolisme tubuh, pelarut nutrisi yang akan diserap oleh tubuh dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu saja, air pun mempunyai beberapa khasiat dan manfaat dalam menyembuhkan penyakit. Jadi terbukti memang bahwa air ini mempunyai fungsi yang sangat penting bagi tubuh.


Air sebagai pelarut terbaik yang mana jika didalam tubuh berperan dalam melarutkan gizi serta nutris yang bermanfaat untuk di ambil oleh tubuh. Namun tidak hanya itu saja fungsi air bagi kesehatan tubuh, masih banyak khasiat lainnya seperti air sebagai pengatur suhu tubuh, pelarut zat-zat bergizi, pelumas dan bantalan, dan masih banyak lagi> mungkin untuk lebih jelasnya terkait fungsi air bagi tubuh kita dapat melihat informasi penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Pembuang zat-zat sisa metabolisme
Khasiat pertama air bagi tubuh adalah sebagai pembuang sisa-sisa metabolisme pada tubuh, sisa metabolism yang mana banyak terdapat zat-zat sampah yang yidak terpakai oleh tubuh dan sangat berbahaya jika tidak segera dikeluarkan oleh tubuh akan dibawa oleh air ini menuju saluran pembuangan.

2. Media Transportasi
Media transportasi di sini adalah media transportasi untuk oksigen dan karbondioksida. Nantinya air ini akan menjadi alat transportasi pada saat oksigen masuk kedalam tubuh pada system pernapasan dan hasil system pernapasan yakni berupa karbondioksida (kandungan udara yang berbahaya jika masih tersimpan didalam tubuh) akan di bawa oleh air menuju keluar dari tubuh, dan itulah sebabnya jika pada saat kita selesai bernapas terdapatnya kandungan uap air karena memang di bawa oleh air tadi untuk keluar dari tubuh anda.

3. Pelarut zat Bergizi
Air merupakan pelarut yang baik. Dalam tubuh kita pun sama, dimana kandungan gizi yang dicerna dalam tubuh harus dilarutkan terlebih dahulu oleh bantuan air untuk di teruskan dalam  melakukan penyerapan kandungan gizi tersebut oleh tubuh.

4. Pengatur suhu tubuh ‘
Air sebagai pengatur suhu disini adalah air mempunyai kelebihan untuk menghasilkan panas, menyerap serta menghantarkan panas dan juga dapat mendinginkan tubuh melalui penguapan air yang terjadi pada tubuh, atas alasan di atas lah air dapat menjadi pengatur suhu pada tubuh.

5. Pembentuk sel pada tubuh
Sel yang terdapat didalam tubuh anda sebagian besar kandungannya adalah komponen air, maka dari itu airlah sebagai bahan baku dalam terciptanya pembuatan sel-sel pada tubuh. Tanpa air, maka sel tubuh tadi tidak akan mampu di buat oleh tubuh, ketidakadanya sel-sel dalam tubuh berarti terhentinya metabolism dalam tubuh. Jadi peran air sangat penting sekali dalam pembentukan sel tubuh tadi.