Gejala Demam Berdarah Pada Anak

Gejala Demam Berdarah Pada Anak - DBD (Deman Berdarah Degue) pada dasarnya adalah jenis penyakit yang dikarenakan infeksi pada virus. Khusus di Indonesia penyebab DBD (Demam Berdarah Degue) disebabkan oleh 2 virus, yakni virus chikungunya dan virus dengue, namun dari kedua jenis virus tersebut, kebanyakan jenis virus dengue lah yang menjadi penyebab utama dari DBD ini. DBD (Deman Berdarah Dengue) ini biasanya menyerang penderita yang berada di rentan usia dari 4-10 tahun, maka tidak jarang pada usia anak-anak ini menjadi penderita penyakit DBD (Deman Berdarah Dengue) terbanyak, namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa pun dapat terserang dari DBD (Deman Berdarah Dengue).


DBD (Deman Berdarah Dengue) ini akan menyerang pada sistem kekebalan tubuh seseorang, maka pada saat usia anak-anak lah yang memang sistem kekebalan tubuhnya sangatlah lemah, membuat DBD (Deman Berdarah Dengue) ini akan sangat dengan mudah menyerang. Hal ini juga di buktikan dengan banyaknya usia anak-anak yang terjangkit DBD (Deman Berdarah Dengue) ini.  

Gejala awal  memang sulit sekali diagnosa, karena ada beberapa penyakit yang mempunyai gejala awal yang mirip dengan DBD (Deman Berdarah Dengue), misalnya campak, malaria, influenza, typus. Namun cara yang paling efektif dalam mendiagnosa penyakit DBD (Deman Berdarah Dengue) ini adalah dengan pemeriksaan darah dari si penderita.  Biasanya hasil pemeriksaan darah akan terlihat setelah 3 hari di dapatnya gejala awal.

Namun ada beberapa gejala demam berdarah pada anak yang sering timbul diantaranya :
  1. Mual, muntah serta sakit perut, seseorang yang terjangkit DBD (Deman Berdaraah Dengue) ini akan merasakan mual, muntah serta menurunnya nafsu makan, karena adanya rasa sakit yang luar biasa di ulu hati.
  2. Perdarahan yang di ciri-ciri kan dengan adanya bintik-bintik di badan, mimisan, muntah bahkan berak darah. Untuk gejala ini akan timbul jika keadaan DBD (Deman Berdaraah Dengue) sudah sangat parah dimana trombosit sudah sangat rendah, jika mengalami hal tersebut maka anak anada harus segera di bawa kerumah sakit.
  3. Syok, untuk syok ini adalah gejala terakhir dimana gejala ini sangat fatal, bahkan dapat menyebabkan kematian. Ciri-ciri shok ini misalnya jari jemari tangan dan kaki terasa dingin, lemas, dan adanya kebiruan pada bibir dan kuku.
  4. Selain gejala diatas seperti sakit kepala, lesu, nyeri sendi juga menjadi gejala demam berdarah pada anak yang sering timbul.
Namun tidak semua gejala-gejala diatas akan timbul pada saat anak anda terjangkit DBD (Deman Berdaraah Dengue), gejala diatas adalah gejala yang paling sering timbul berdasarkan pengalaman  penderita DBD (Deman Berdaraah Dengue) yang ada. Untuk kepastian, disarankan untuk melakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui perihal DBD (Deman Berdaraah Dengue) tersebut pada tubuh anak anda.