Prinsip dan Cara Kerja Ac Mobil

Prinsip dan Cara Kerja Ac Mobil - Dengan kondisi jalanan yang macet dan cuaca panas tentu akan memberikan rasa gerah dan pengap. Saat sedang berada di kendaraan roda empat pun rasa panas dan tidak nyaman tersebut akan tetap kita rasakan. Untuk mengatasinya biasanya kita bisa menyalakan air conditioner(AC) di mobil dan menyesuaikan suhunya. Namun banyak orang yang belum tahu tentang prinsip dan cara kerja ac mobil, tentu saja ini bukan hal yang sepele karena dapat membantu anda untuk mengetahui atau memperbaiki komponen-komponen dari ac tersebut seandainya rusak atau terganggu kinerjanya.
Sistem kerja ac akan terus bekerja selama mesin mobil dihidupkan. Ac terdiri dari beberapa omponen seperti kompresor, kondensor, receiver dryer, expansion valve, evaporator atau cooling unit dan heater unit. Selama ini banyak orang mengira bahwa ac hanya bisa mendinginkan saja namun sebenarnya juga berfungsi sebagai pemanas ruangan. Hanya saja karena di negara kita sendiri terdiri dari 2 musim maka fitur heater atau pemanas dihilangkan.


Cara kerja ac mobil biasanya bersifat sirkulatif, mulai dari mensirkulasikan freon atau refrigant pada komponen ac mobil sehingga membuat sirkulasi tertutup ketika kita menyalakan ac. Freon bekerja dari kompresor dengan tekanan gas tinggi yang didinginkan oleh kondensor lalu disaring oleh filter sebelum masuk ke proses penguraian lewat expansion valve. Kemudian ketika tekanannya diturunkan oleh katup valve akan berubah menjadi zat pendingin atau uap dan sampai ke evaporator dalam suhu rendah. Setelah itu ditarik kembali oleh freon dan kompresor dan begitu seterusnya. Sebuah mekanisme kerja dalam mobil yang mengubah gas menjadi cairan kemudian cairan tersebut diubah kembali menjadi gas.

Teknologi ac mobil sendiri kini sudah semakin canggih dengan menggunakan sensor yang dipasang di sekeliling kendaraan untuk memastikan bahwa suhu ruangan didalam mobil tetap sejuk. Selain itu kita pun dapat mengatur sendiri tingkat kesejukan ac dan suhu udara di tempat duduk masing-masing sehingga tidak akan mengganggu penemudi atau penumpang yang tidak ingin merasakan hawa yang terlalu dingin atau panas. Dengan sistem air cooler yang berfungsi untuk mendinginkan dan melembabkan udara dalam mobil maka suhu dan temperatur dalam kendaraan ketika digunakan pun akan tetap sejuk.

Kendaraan akan teras lebih nyaman jika air conditioner di dalam mobil tidak mengalami masalah. Ac mobil yang rusak atau tidak bekerja secara sempurna tentunya akan membuat kita tidak nyaman saat berkendara di tengah cuaca yang panas dan kemacetan lalu lintas yang akan membuat gerah dan pengap. Tentu saja kita bisa mengecek apakah cara kerja ac mobil kita sudah benar atau adakah bagian komponennya yang mengalami kerusakan sehingga harus dibetulkan. Dengan mengetahui kinerja ac tersebut kita pun akan tahu apakah ac kendaraan roda empat kita berfungsi dengan baik atau tidak.