Cara Kerja Jaringan Internet

Cara Kerja Jaringan Internet Interconnected network atau yang lebih dikenal dengan sebutan internet adalah suatu jaringan komputer di seluruh dunia yang terkumpul menjadi satu. Dengan internet kita dapat saling terhubung satu sama lain secara global. Internet juga memudahkan kita dalam berselancar di dunia maya dengan membuka situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter atau situs portal berita seperti yahoo.com, detik.com, kompas.com dan beragam situs lainnya.


Banyak orang yang menggunakan internet namun tidak tahu cara kerja dari perangkat tersebut. Cara kerja jaringan internet sebenarnya melibatkan beberapa komponen seperti hardware(perangkat keras) dan protokol. Komponen perangkat keras biasanya adalah media yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya dengan memberikan ribuan informasi setiap detiknya. Kabel internet seperti kabel bawah laut,server, satelit dan perangkat keras lainnya di seluruh dunia akan membentuk sekumpulan jaringan yang kemudian kita kenal dengan nama internet.

Selain itu adapula client, yang merupakan perangkat keras yang digunakan oleh netter sebagai penerima data dan informasi dari internet tersebut. Klien ini bisa berupa komputer pc, laptop, notebook, tablet pc, PDA atau smartphone. Dengan perangkat keras yang biasa anda gunakan ini maka mengakses layanan data melalui internet akan semakin mudah dilakukan.

Komponen lainnya yang mendukung cara kerja jaringan internet adalah protokol. Protokol sendiri adalah bahasa yang digunakan oleh perangkat keras untuk berkomunikasi dalam dunia maya atau internet. Saat anda mengakses suatu web atau situs maka secara langsung anda akan terhubung ke satu server yang memiliki Internet Protocol atau IP addres berupa deretan angka yang seperti sebuah alamat. Satu server dalam suatu perangkat biasanya memiliki IP address sendiri sehingga satu server akan memiliki IP address yang berbeda satu dengan yang lainnya. Selain itu ada pula DNS(Domain Name Server) yang biasa digunakan sebagai pengganti IP address karena lebih mudah diingat saat mengakses suatu situs. Misalnya saat anda mengakses situs Facebook, cukup dengan mengetikkan domain www.facebook.com maka request anda akan dikirimkan ke router terlebih dahulu, setelah itu request anda tersebut masuk ke dalam DNS dan diubah menjadi alamat IP yang digunakan oleh server facebook. Setelah request anda diterima, maka beragam konten dan informasi dari situs yang anda buka akan dikirimkan melaui perangkat keras yang anda gunakan.

Menggunakan internet saat ini memang sudah menjadi suatu kebutuhan. Beragam hal bisa dilakukan saat mengaskses internet seperti untuk bekerja, berbisnis, bersosialisasi atau mencari beragam informasi yang dibutuhkan. Mengakses internet dalam sebuah situs yang sebenarnya adalah alamat IP yang memiliki konten dan informasi, dan dimudahkan dengan DNS untuk mengingat alamat website tersebut adalah cara kerja dari internet yang sering kita gunakan. Dengan cara kerja jaringan internet seperti itulah kita bisa mengakses beragam informasi di dunia maya.