Perbedaan Windows 32bit dan 64bit

Perbedaan Windows 32bit dan 64bit - Dalam komputer sistem operasi ini berguna untuk menjembatani antara hardware  (perangkat keras) dengan brainware (pemakai komputer). Pada Umumnya sistem operasi pada komputer yang banyak di pakai sampai detik ini adalah sistem operasi windows, sistem operasi buatan microsoft company menjadi sistem operasi terbanyak untuk jumlah user pemakainya sekaligus sebagai pencetus sistem operasi komputer pertama di dunia.


Tahukah anda, sistem operasi windows yang mungkin anda gunakan pada komputer anda mempunyai  2 tipe jenis yang berbeda. Yakni sistem operasi windows 32 bit dan sistem operasi windows 64 bit. Yang menjadi pertanyaan apakah perbedaannya antara 32 bit sistem operasi windows dengan 64 bit sistem operasi windows? Yang menjadi perbedaan utama dari bit-bit ini adalah dimana sebuah informasi atau dapat juga dikatakan sebuah task yang ditangani oleh prosessor komputer ini pada saat tertentu.

Sebagai contoh, sistem operasi windows yang menggunakan 64 bit menuntut potensi kerja sebuah komputer yang jauh lebih besar jika di bandingkan dengan sistem operasi 32 bit. Tuntutan besar terhadap suatu informasi yang di dapat pada jenis sistem operasi 64 bit ini. Membuat perlu diadakannya sebuah rancangan spesifikasi sebuah piranti lunak dan piranti keras tentunya dalam menunjang tuntutan kerja/task suatu informasi untuk di eksekusi oleh prosessor komputer. Atau dengan kata lain sebuah sistem operasi 64 bit yang terinstal di suatu komputer menuntut spesifikasi baik piranti lunak maupun piranti keras yang tinggi.

Selain perbedaan windows 32 bit dan 64 bit secara umum yang telah dijelaskan diatas, ada sedikittnya 2 perbedaan tambahan terkait sistem operasi 32 bit dan 64 bit. Untuk penjelasan lengkapnya, mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan windows 32 bit dan 64 bit :
1. Jenis prosessor
Hanya beberapa jenis prosessor yang mempunyai kompitabilitas dengan windows 32 bit dan 64 bit. Misalnya saja, untuk sistem operasi windows 64 bit yang mana untuk mikroprosessor yang kompabilitas hanya jenis prosessor yang mendukung x86-64 misalnya saja AMD Athlon 64, Intel Pentium, sedangkan untuk sistem operasi windows 32 bit dapat di gunakan untuk semua jenis prosessor, jadi dengan kata lain sistem operasi 32 bit lebih unggul dalam penggunaan mikroprosessor. Terbukti dengan banyaknya kompabilitas terhadap jenis prosessor.

2. Dari segi kecepatan
Karena windows 64 bit ini berjalan pada arsitektur 64 bit, maka untuk proses kecepatan data windows 64 bit ini lebih unggul jika dibandingkan dengan jenis windows 32 bit. Alokasi data bus yang lebih luas yakni 64 bit, membuat jenis sistem operasi windows ini lebih hebat dalam pemrosessan data.