Perbedaan LCD dan LED TV

Perbedaan LCD dan LED TV - Mungkin banyak orang yang mempunyai persepsi bahwa LCD TV dengan LED TV adalah kedua hal yang sama. Namun kenyataannya keduanya tersebut adalah dua hal yang berbeda. Bentuk fisiknya yang sama serta adanya keidentikan yakni sama-sama berjenis televisi layar datar menjadi alasan utama sulitnya dibedakan antara LCD dan LED Tv ini. selain design fisiknya yang hampir sama prinsip kerja antara LED dan LCD ini pun tidak jauh berbeda. Factor-faktor diatas lah yang membuat masyarakat berfikir tidak adanya perbedaan antara LCD dan LED Tv ini, namun jika kita mencermati secara detail dari dua hal ini, maka perbedaan antara LCD dan LED TV ini pun akan sangat jelas terlihat. Jika anda masih binggung terkait membedakan antara LCD dan LED TV ini, mungkin informasi di bawah ini tentang perbedaan LCD dan LED TV dapat membantu dalam membedakan antara dua hal tersebut diatas.


Liquid Crystal Display atau sering di sebut dengan LCD, prinsip kerjanya adalah dengan system polarisasri crystal-crystal yang menempel di lapisan kaca. Teknologi Display layar LCD ini menggunakan dua lapisan kaca, yang mana kedua lapisan kaca ini melakukan proses kerja polarisasi dalam menghasilkan gambar pada layar display. Crystal-srystal tadi berfungsi untuk memblokir cahaya untuk menampilkan gambar pada layar pada saat aliran listrik melewati filament crystal-srystal tersebut. cahaya yang terdapat pada display layar tidak di hasilkan oleh crystal-crystal tadi, namun di hasilkan dengan adanya lampu neon yang berada d belakang layar. Nahh dengan bantuan neon sebagai sumber cahaya setelah itu terpolarisasi dengan adanya crystal-crystal tadi maka terbentuknya suatu objek gambar yang tajam pada display layar LCD ini. kehadiran crystal-crystal yang terpolarisasi ini juga mengakibatkan bentuk-bentuk dari LCD ini dapat dibuat sedemikian rupa menjadi sangat tipis. Praktis, ekonomis, tidak memakan ruang tempat serta hasil tampilan gambar yang tajam membuat LCD TV ini sangat banyak peminatnya di pasaran.

Liquid Emitting Dioda atau sering disebut dengan LED pada dasarnya system kerja dari LED ini sama dengan LCD, hanya saja yang membedakan antara keduanya adalah sumber cahaya, dimana jika LCD ini untuk sumber cahayanya dibantu dengan ketersediaan Neon yang berada di balik layar LCD namun pada LED ini sumber cahayanya menggunakan Light Emitting Dioda. Teknik pencahayaan inilah yang membedakan antara LCD dengan LED TV. Dalam LED TV terdapat 2 jenis sumber cahaya diantaranya sumber pencahayaan edge (mendistribusikan cahaya pada saat arus listrik masuk) dan Full Array (lebih banyak control atas kecerahan dan keredupan, karena dioda dapat di hidupkan/dimatikan secara tersendiri). Kelebihan lain dari LED , dimana untuk arus listrik yang digunakan untuk LED ini lebih sedikit serta efisien jika dibandingkan dengan LCD TV, untuk kualitas gambar yang di hasilkan pun lebih baik jika di bandingkan dengan LCD TV atsa dasar ini lah tidak heran untuk harga jualnya LED TV ini lebih mahal jika dibandingkan dengan LCD TV.