Penyebab Kanker Serviks Pada Wanita

Penyebab Kanker Serviks Pada Wanita - Kanker serviks atau sering disebut juga kanker pada mulut rahim. Menurut data dari WHO sekitar sepertiga wanita di Indonesia menderita penyakit kanker serviks ini. Bersamaan dengan itu hampir setiap tahun wanita di indonesia mengalami kematian akibat kanker serviks ini. Hingga sampai detik ini, jenis kanker serviks ini menempati peringkat teratas penyebab kematian wanita untuk jenis penyakit kanker. Sangat ironi memang, namun faktanya memang seperti itu. Jenis kanker yang menyerang pada bagian organ reproduksi wanita tepatnya di bagian leher rahim memang membuat banyak wanita di indonesia takut akan mengalami kanker ini.


Lalu apa sih penyebab kanker serviks pada wanita ini? Dan apakah benar penyakit kanker serviks ini adalah penyakit keturunan? Dan apakah ada solusi terkait penyembuhan dari penyakit kanker serviks ini? Untuk menjawab pertanyaan anda mari kita simak informasi terkait penyakit kanker ini.

Kanker serviks ternyata bukan penyakit keturunan atau genetika, melainkan penyakit ini disebabkan oleh virus. Human Papilloma Virus (HPV) adalah sebuah virus yang disinyalir merupakan penyebab utama dari kanker serviks ini. Jenis virus ini yakni HPV merupakan jenis virus yang sulit untuk di sembuhkan walaupun untuk jangka waktu yang cukup lama. Virus ini menyerang sistem imun (kekebalan tubuh seseorang), dan jika sistem Imun seseorang sudah melemah maka virus ini akan dengan cepat belindung pada leher rahim hingga terjadilah kanker serviks tadi. Kanker serviks sering di sebut juga dengan “the sient killer” mengapa demikian, karena jenis kanker ini tidak nampak akan adanya tanda-tanda sejak dini terjangkitnya penyakit. Namun jika sudah berbahaya barulah kelihatan gejala-gejala dari kanker ini. Maka dari itu banyak yang menyebut penyakit kanker serviks ini adalah penyakit “The Silent Killer”

Selain itu penyebab kanker serviks pada wanita adalah dengan penularan si penderita penyakit kanker serviks terhadap orang yang belum terjangkit peyakit tersebut. Teknik penularannya bermacam-macam, bisa dengan bersentuhan kulit atau pun penggunaan WC umum yang sudah terjangkit penyakit kanker serviks dapat menjangkit seseorang yang menggunakannya jika ia tidak dibersihkannya dengan baik.

Selain itu penyebab kanker serviks pada wanita juga dapat disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik, seperti merokok, melakukan hubungan intim pada usia dini, berhubungan intim dengan berganti-ganti pasangan. Kurangnya asupan nutrisi yang penting untuk terhindar dari penyakit kanker serviks ini seperti vitamin C dan E serta asam folat juga turut andil menjadi penyebab dari timbulnya kanker serviks ini.

Walaupun kanker serviks ini bukan penyakit keturunan, namun jika secara genetika di dalam keluarga anda ada yang mempunyai jenis penyakit kanker, maka anda dapat pula mewarisi penyakit kanker tak terkecuali juga penyakit kanker serviks ini.