Manfaat dan Khasiat Wedang Jahe

Manfaat dan Khasiat Wedang Jahe - Sebagai orang Indonesia siapa yang tidak kenal dengan tanaman rempah berakar rimpang yang bernama jahe. Dalam bahasa latin jahe disebut dengan Zingiber officinale. Jahe memiliki rasa yang sangat khas yaitu rasa pedas yang disebabkan oleh senyawa keton yang bernama zingeron. Selain itu jahe juga memiliki kandungan senyawa senyawa seperti zingiberal, seskuiterpena, bisabolena, sineol dan sitral. Jahe juga memiliki kandungan gizi seperti serat, lemak, karbohidrat, protein, fosfor, zat besi, kalsium, niasin, vit C 12, sodium, potasium, vit A, vit B 1, vit B 2 serta IU.


Di masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Timur , jahe biasa digunakan untuk membuat wedang (minuman panas), jahe sering digunakan sebagai pengganti minuman kopi dan teh dimalam hari. Jahe kerap di suguhkan ketika malam hari dan cuaca dingin sehingga dengan meminum jahe badan akan terasa lebih hangat.  Berikut beberapa khasiat wedang jahe:

1. Menghilangkan lendir di tengggorokan
Rasa hangat dari senyawa yang ada di dalam jahe akan melegakan tenggorokan.

2. Membersihkan kotoran yang ada pada tubuh kita
Dengan minum wedang jahe tubuh akan berkeringat sehingga kotoran yang ada di dalam tubuh kita akan keluar bersamaan dengan keringat tersebut.

3. Menurunkan kadar kolestrol pada tubuh.

4. Dapat menangkal radikal bebas.
Jahe mengandung senyawa antioksidan , sehingga membantu menetralkan racun racun yang ada dalamm tubuh.

5. Sebagai obat masuk angin dan mual.
Wedang jahe dapat dikatakan dapat mengobati masuk angin dan mual karena didalam kandungan terdapat senyawa yang bisa mengobati masuk angin dan mual.

6. Dapat menurunkan tekanan darah

7. Sebagai minuman diet
Wedang jahe dikatakan sebagai minuman diet karena jahe memilki kandungan kalori yang rendah. Dengan meminum wedang jahe maka tubuh kita akan terasa panas sehingga kalori yang yang ada pada tubuh kita akan menjadi panas tubuh .

8. Sebagai penambah nafsu makan
Dapat dikatakan sebagai penambah nafsu makan karena jahe dapat menghilangkan asam lambung yang ada pada diri kita.  Sehingga nafsu makan seseorang akan bertambah.

9. Dapat menghilangkan stress
Aroma wedang jahe yang sedap dan menenangkan bermanfaat untuk menghilangkan stress.

10. Dapat mengatasi masalah-masalah pernafasan

Bagaimana kawan, ternyata ketika kita minum wedang jahe banyak sekali manfaat dan khasiat yang kita peroleh dari minuman tersebut. Untuk mendapatkan wedang jahe pun tidaklah sulit mulai dari pedagang kaki lima pinggir jalan sampai di supermarket dalam  bentuk kemasan dengan harga yang terjangkau jikalau kita ingin membuatnya sendiri itupun juga sangatlah mudah. Oleh karena itu wedang jahe merupakan minuman yang sangat menyehatkan dan sangat layak dikonsumsi tiap hari agar kita selalu terjaga kesehatannya.