Cara Merawat Rambut Kering dan Mengembang

Cara Merawat Rambut Kering dan Mengembang - Rambut yang kering, kasar, bercabang dan mengembang memang menjadi masalah yang sering dialami oleh banyak wanita. Beragam carapun dilakukan untuk mengatasi problema rambut tersebut, mulai dari perawatan seperti di salon seperti creambath sampai perawatan rutin di rumah dengan shampo dan kondisioner yang tepat. Namun sebenarnya ada cara merawat rambut kering dan mengembang yang lebih natural dan sehat ketimbang memakai banyak produk perawatan rambut yang bila digunakan dalam jangka waktu panjang akan memberikan efek samping pada mahkota di kepala anda. Untuk mengatasi masalah pada rambut tersebut, cobalah beberapa tips berikut.


Jangan sering keramas
Rambut memproduksi minyak alami di kulit kepala yang berasal dari akar rambut. Dengan keramas setiap hari tentunya akan mengurangi produksi minyak tersebut dan menghambat penyebaran nutrisi ke seluruh bagian kepala anda. Usahakan untuk keramas minimal 3 hari sekali karena jika terlalu sering rambut akan menjadi cepat kering.

Gerai rambut anda
Tidur dengan rambut diikat, di kepang atau di kuncir sangat tidak dianjurkan dalam cara merawat rambut kering dan mengembang. Saat tertidur pulas, sebaiknya geraikan rambut anda agar tidak semakin kusut dan mengembang. Biarkanlah rambut anda acak-acakan saat terbangun karena rambut yang tergerai keluar lebih sehat ketimbang rambut yang terlalu kaku dan tertata rapi.

Gunakan sisir yang tepat
Jangan menggunakan sisir dengan gigi sisir yang terlalu rapat, sebaiknya hindari juga sisir terlalu tajam dan menusuk kulit kepala. Gigi sisir yang terlalu rapat hanya membuatnya terlihat rapi sementara dan akan mengembang kembali dalam waktu yang singkat. Gunakan sisir dengan bagian gigi yang renggang dan terbuat dari bahan yang empuk sehingga tidak melukai rambut dan kulit kepala.

Jangan mencatok rambut
Sering mencatok rambut juga akan membuat mahkota kepala anda menjadi kering bercabang dan mengembang. Jangan sering mencatok rambut anda karena panas dari mesin pencatok rambut tersebut akan mematikan sel-sel di rambut sehingga terlihat kering dan kusam. Hal yang sama juga berlaku jika anda terlalu sering merebounding atau meluruskan rambut di salon.

Perawatan di salon
Saat mencoba creambath atau keramas di salon sebaiknya perhatikan obat pembersih rambut tersebut. Usahakan untuk menggunakan obat rambut yang terbuat dari bahan-bahan herbal seperti madu dan lidah buaya. Jangan menggunakan obat rambut yang terbuat dari bahan kimia karena jika tidak cocok akan membuat rambut anda menjadi semakin kering bahkan berminyak.

Cara merawat rambut kering dan mengembang memang mudah pencegahannya, namun jika rambut anda sudah terlanjur rusak beragam pilihan untuk memperbaikinya bisa anda pilih seperti memotong bagian rambut yang mati atau dengan perawatan yang tepat sehingga rambut kembali segar. Rajin-rajinlah merawat rambut anda agar terlihat segar, sehat dan juga semakin berkilau.