Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email

Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email - Seiring dengan perkembangan dunia teknologi, berkirim pesanpun tidak perlu dilakukan dengan cara mengirim surat lewat kantor pos. Selain ribet harus menulis surat, membeli amplop dan perangko, mengirim surat via pos tentu akan memakan biaya lebih banyak. Saat in sudah muncul layanan berkirim pesan seperti sms, bbm, chat dan email yang lebih mudah dan praktis. Khusus untuk email ,sekarang inipun juga sudah banyak perusahaan yang menerapkan sistem rekruitmen dengan mengirimkan CV via email sebagai proses penerimaan pegawainya.


Untuk mengirimkan surat lamaran kerja via email tentu harus dibutuhkan ketelitian dalam membuat dan mengatur lampiran surat lamaran tersebut agar diterima oleh perusahaan tempat kerja yang diinginkan. Jika anda belum mengerti cara mengirim lamaran kerja lewat email, perhatikanlah langkah-langkahnya sebagai berikut.
  1. Persiapkan beberapa berkas dan lampiran yang akan di attach dalam surat lamaran kerja anda seperti pas foto terbaru, ijazah, sertifikat, kartu identitas(KTP), surat keterangan kelakuan baik(SKCK), surat keterangan kesehatan dan beberapa berkas lainnya yang dibutuhkan. Usahakan untuk menscan berkas-berkas tersebut ke dalam format JPG, PNG, DOC atau PDF dan dalam ukuran kecil agar tidak mempersulit bagian HRD ketika ingin mengunduhnya.
  2. Cara mengirim lamaran kerja lewat email tentunya harus mengikuti syarat dan ketentuan dalam lowongan kerja tersebut. Biasanya anda harus mengirim email sesuai judul email atau subjek seperti ‘Lamaran untuk posisi purchasing’ atau dengan kode tertentu misalnya ‘Lamaran pekerjaan kode 0015.’ Usahakan untuk membuat judul email sejelas mungkin agar email anda tidak dianggap spam dan diabaikan oleh bagian rekrutmen perusahaan tersebut.
  3. Perhatiakan persyaratan dalam lowongan pekerjaan tersebut. Biasanya perusahaan hanya meminta anda untuk mengirimkan surat lamaran, ijazah dan resume(CV). Andapun bisa mengirimkan berkas sesuai syarat yang diminta, namun jika perusahaan tersebut tidak mensyaratkan hal ini anda bisa mengupload semua file dan berkas-berkas lain seperti pas foto, KTP, SKCK dan lain-lain.
  4. Umumnya surat lamaran bisa ditulis didalam isi email, opsi lain adalah dengan menggunakan file tersendiri ke dalam lampiran. Untuk berkas lainnya seperti resume atau CV sebaiknya diattach sebagai lampiran tersendiri berikut pas foto, KTP, ijazah dan berkas penting lainnya. Usahakan agar ukuran email tersebut tidak melebihi 300kb agar proses uploadnya bisa semakin cepat dan memudahkan bagian rekrutmen untuk mengunduhnya.
Mengirim surat lamaran kerja lewat email memang menjadi pilihan yang lebih mudah dan praktis dalam mencari pekerjaan yang diinginkan. Dengan cara mengirim lamaran kerja lewat email yang benar dan tepat maka email andapun akan semakin mudah ditemukan dan mungkin saja anda adalah orang sedang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Sehingga anda akan siap dengan pekerjaan baru yang sedang menanti anda.