Penyebab dan Gejala Kanker Lidah

Penyebab dan Gejala Kanker LidahMendengar kata kanker mungkin sudah sangat menyeramkan. Kanker lidah adalah slah satu jenis kanker yang terjadi pada rongga mulut. Dan biasanya jenis kanker ini kebanyakan tumbuh pada bagian lidah. Kanker lidah ini sangat berbahaya, jika tidak segera di tindak lanjuti akan sangat berdampak fatal, bahkan dapat menyebabkan kematian. Khusus di negara kita, jenis kanker lidah ini sangatlah langka, bahkan sangat jarang ditemui, namun kita tidak boleh menyepelekan akan bahaya dari kanker lidah ini, karena dampak terburuknya yang dapat mengakibatkan kematian.


Dari data yang didapatkan dari hasil penelitian yang ada, timbulnya kanker lidah ini di sebabkan oleh tidak tumbuhnya secara normal sel -sel yang ada dalam tubuh serta terlalu cepatnya pertumbuhan sel tersebut. Selain faktor diatas, ada beberapa fakta yang menguatkan bahwa penyebab kaknker lidah dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor kimia, faktor fisik, faktor biologi, dan faktor lainnya seperti metabolisme dan nutrisi.

Penyebab kanker lidah 
1. Faktor Biologi
Didalam faktor biologi ini, penyakit kanker lidah ini ditimbulkan oleh papillomavirus (kode genetik DNA). kode genetik yang tidak sempurna membuat besarnya peluang terjangkitnya penyakit kanker lidah ini.

2. Faktor Kimia
Di bidang kimia, lebih identik dengan kebiasaan buruk dari seseorang dalam pengkonsumsian bahan kimia berbahaya pada zat makanan. Misalnya saja Merokok, meminum minuman beralkohol, kedua kebiasaan buruk ini sangat berdampak terhadap timbulnya penyakit Kanker lidah ini. Misalnya pada rokok, dimana didalam rokok tersebut terkandung zat nikotin yang sangat banyak dan didalam nikotin tersebut terdapat zat karsinogenik sedangkan alkohol mengandung banyak etanol yang mana zat tersebut dapat berfungsi sebagai pemicu dari kanker itu sendiri.

3. Faktor Metabolisme
Berhubungan dengan pertumbuhan dari sel-sel tubuh yang belum sempurna terbentuk di dalam metabolisme tubuh.

Untuk Gejala Kanker Lidah
Gejala yang paling menonjol untuk kanker lidah ini adalah adanya bintik merah ataupun putih pada lidah, sulitnya mendiagnosa sedini mungkin penyakit kanker lidah ini karena tidak menimbulkan rasa sakit. Gejala awal terlihat karena banyaknya bintik pada lidah, setelah itu bintik tersebut akan berkembang pada gusi atau daerah lain disekitaran mulut. Nahh itu adalah gejala awal timbulnya kanker mulut. Jika anda mempunyai indikasi tersebut, maka anda wajib memeriksanya. Selain gejala diatas ada beberapa gejala tambahan terjangkitnya penyakit kanker lidah ini, yaitu :

1. Benjolan
Adanya benjolan pada sekitaran mulut anda, maka anda wajib mencurigai sebagai gejala kanker lidah. Bagi anda yang mempunyai kebiasaan buruk seperti merokok ataupun mengkonsumsi alkohol, maka anda sangat beresiko akan timbulnya benjolan ini, atau dengan kata lain gejala kanker lidah.

2. Timbulnya rasa sakit
Timbulnya rasa sakit yang berlebihan pada saat menelan atau pun mengunyah, bisa dikaitkan dengan gejala kanker kulit ini.