Cara Menghilangkan Stress dan Beban Pikiran

Cara Menghilangkan Stress dan Beban Pikiran - Stress adalah beban di pikiran yang terus menghantui dalam kurun waktu tertentu. Beragam persoalan mulai dari studi, karir, bisnis, relationship atau hubungan keluarga bisa menjadi faktor penyebab utama dan pemicu stress. Bagi masyarakat perkotaan, rasa stress akan semakin meningkat ditengah kesibukan kerja dan beban berat lainnya dalam hidup. Jika tidak dikelola dengan baik, maka stress akan menjadi awal mula munculnya beragam penyakit dari yang ringan sampai penyakit berat.


Cara menghilangkan stress yang efisien adalah dengan manajemen stress yang baik sehingga beban di pikiran akan semakin berkurang. Bagi anda yang ingin menghilangkan rasa stres tersebut, perhatikanlah beberapa tips yang bisa membantu anda dalam mengelola stress.

Focus on solution
Saat masalah datang dan menerpa kehidupan kita, cara terbaik adalah dengan mencari solusi dari masalah tersebut. Seberat apapun masalah jika hanya dipikirkan terus menerus tak akan kunjung selesai jika kita belum menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Karena itu fokuslah pada solusi, bukan pada setiap masalah dan beban berat yang anda alami.

Pelampiasan yang tepat
Banyak orang salah atau keliru dalam merespon setiap masalah yang datang. Ketika rasa stress mendera, banyak yang melampiaskannya dengan cara-cara keliru seperti makan banyak atau lari ke dunia malam. Mungkin rasa stress akan hilang sesaat namun masalah itu akan tetap ada dan semakin membuat anda terbebani. Dengan beragam kegiatan positif seperti berkumpul bersama keluarga, saling bertukar pikiran atau mendekatkan diri kepada Sang Pencipta bisa menjadi pelampiasan yang tepat untuk meredakan rasa stres anda.

Jangan dibawa tidur
Cara menghilangkan stres yang paling efektif adalah dengan tidak membawanya tidur. Maksudnya adalah sesaat sebelum tidur kosongkanlah pikiran dari setiap masalah dan beban yang membuat anda stress. Selama seharian penuh anda sudah memikirkannya dan anda harus melupakannya sejenak sebelum tidur. Stress yang dibawa tidur biasanya akan membuat tidur kita tidak nyenyak dan akan mengganggu aktivitas dan keseharian kita esoknya.

Bermeditasi
Meditasi sebelum tidur dapat membantu meredakan stress dan membuat pikiran menjadi lebih tenang dan rileks. Dengan memfokuskan diri pada tarikan nafas akan membuat kita cooling down dan berpikir jernih dalam menjalani kehidupan. Dengan kondisi tenang, biasanya kita akan menemukan solusi dan jalan keluar dari setiap permasalahan yang dihadapi.

Stress memang menjadi momok bagi semua orang, namun seberat apapun masalah jangan sampai membuat kita menjadi stress berkepanjangan. Cara menghilangkan stress diatas bisa anda terapkan sebelum anda mengambil keputusan dan mencari solusi dari setiap masalah yang membuat anda stress. Sehingga meskipun ada banyak problema yang datang, hidup andapun tetap indah untuk dijalani.