Cara Membuat Proposal Kegiatan Yang Baik dan Benar

Cara Membuat Proposal Kegiatan Yang Baik dan Benar - Jika anda ingin membuat proposal kegiatan baik itu proposal kegiatan sekolah, proposal kegiatan kampus, proposal kerja bakti atau proposal kegiatan lainnya tentu dibutuhkan pelampiran yang tepat agar proposal anda diterima oleh instansi atau pihak terkait dan memberikan persetujuan untuk kegiatan yang akan dilaksanakan. Proposal biasanya juga bertujuan sebagai permintaan atau permohonan bantuan baik berupa uang maupun materi lain seperti barang-barang untuk melengkapi kegiatan yang ingin dilaksanakan tesebut.


Untuk mengetahui cara membuat proposal kegiatan yang tepat, tentunya anda harus mengikuti format yang benar untuk menjelaskan visi, misi dan tujuan dari kegiatan tersebut. Buatlah proposal dengan susunan yang tepat seperti berikut ini.

Judul proposal
Sebaiknya gunakan judul proposal yang singkat, jelas dan padat namun menarik untuk dilihat, misalnya ‘Proposal untuk kegiatan anti narkoba di lingkungan pemakai.’ Dengan proposal yang jelas dan menarik, maka kegiatan tersebut akan disetujui atau didanai oleh pihak terkait.

Latar belakang
Latar belakang suatu proposal tentu harus dijelaskan dengan tepat. Berikan dasar dan alasan mengapa kegiatan ini harus dilaksanakan. Misalnya kegiatan anti narkoba, tentunya latar belakang ini adalah banyaknya pemakai narkoba di kalangan anak muda dan harus diberi bimbingan agar generasi penerus bangsa tidak semakin rusak.

Masalah
Jelaskan masalah yang bisa mengganggu atau menghambat terlaksananya kegiatan tersebut. Dalam bab ini anda bisa jelaskan apa yang anda butuhkan agar kegiatan tersebut bisa terlaksana dengan lancar.

Tujuan
Berikanlah tujuan dan hasil akhir yang diharapkan dari kegiatan yang sudah terlaksana tersebut. Tentunya anda juga harus memberikan poin-poin tentang apa kegiatan yang akan dilakukan setelah kegiatan tersebut selesai.

Sasaran
Jelaskan siapa target dari kegiatan anda agar bisa menemukan sasaran yang tepat dari pelaksanaan kegiatan tersebut. Jika ingin membuat kegiatan anti narkoba, tentunya target sasaran yang tepat adalah anak muda yang masih bersekolah.

Kegiatan
Cara membuat proposal kegiatan yang menarik adalah dengan menjelaskan kegiatan apa yang dilakukan selama acara itu berlangsung. Pastikan bahwa kegiatan tersebut bersifat positif dan lampirkan jadwal kegiatannya secara terperinci.

Anggaran
Anggaran pelaksanaan suatu kegiatan harus dibuat secara rinci dan sedetail mungkin. Jika proposal kegiatan yang anda ajukan bertujuan untuk mendapatkan bantuan materi, tak ada salahnya untuk menjelaskan berapa kekurangan dari biaya kegiatan tersebut dan berapa jumlah yang bisa diberikan oleh pemberi modal dan keuntungannya jika ia memberikan sejumlah uang untuk kegiatan tersebut.

Penutup
Di bagian penutup anda bisa ucapkan kata-kata terima kasih dan juga berikan apresiasi jika ikut membantu dalam pelaksanaan kegiatan baik berupa materi maupun nonmateri.

Cara membuat proposal kegiatan yang baik dan benar memang harus mengikuti sistematika yang tepat. Namun jangan lupa bahwa tujuan sebenarnya dari proposal tersebut adalah agar kegiatan bersifat positif yang ingin dilaksanakan bisa tercapai.