Cara Membuat Proposal Bisnis Untuk Mencari Modal

Cara Membuat Proposal Bisnis - Bisnis besar atau skala menengah yang ingin anda buat tentunya membutuhkan modal yang besar. Jika anda belum memiliki modal yang cukup untuk membangun bisnis, mengirimkan proposal kepada calon investor merupakan langkah yang tepat untuk mendapatkan modal. Namun sebelum itu, tentunya anda juga harus tahu cara membuat proposal bisnis yang dapat meyakinkan calon investor anda untuk ikut serta dalam bisnis yang ingin anda bangun. Proposal bisnis bertujuan untuk memberikan gambaran suatu perputaran usaha kepada calon investor meskipun belum trealisasi. Semakin jelas proposal yang anda berikan, maka akan semakin meyakinkan investor untuk menginvestasikan sejumlah uang pada bisnis anda.


Jika anda ingin membuat proposal bisnis yang tepat, ikutilah langkah-langkah berikut ini:

Pendahuluan
Bab ini bertujuan untuk menjelaskan latar belakang dan tujuan anda membangun suatu usaha. Jelaskan secara singkat dan padat tentang gambaran bisnis yang akan anda jalankan.

Profil perusahaan
Profil perusahaan sangat penting bagi proposal suatu bisnis. Jelaskan jenis bisnis apa yang ingin anda jalani, kemudian pilihlah nama perusahaan atau usaha yang ingin anda rintis, pilihlah nama yang simpel dan mudah diingat namun memiliki makna bagi perusahaan anda.

Struktur perusahaan
Uraikan dengan detail struktir perusahaan yang anda dirikan mulai dari jajaran direksi sampai pemegang saham. Andapun bisa memperinci tugas dan tanggung jawab orang-orang yang terlibat dalam menjalankan bisnis tersebut.

Produk
Di dalam bisnis tentu harus ada produk yang dijual. Jelaskan produk apa yang ingin anda jual mulai dari bahan baku sampai harga jualnya. Selain itu keunggulan suatu produk juga akan menjadi nilai tambah di mata para calon investor. Usahakan produk yang anda jual tersebut berkualitas dan diminati oleh masyarakat.

Target pasar
Tentukan siapa target pemasaran dari produk anda. Tentunya hal ini juga terkait dengan lokasi yang strategis sehingga mudah menjangkau target pasar seperti di pusat perbelanjaan, sekolah, kampus atau daerah perkantoran.

Promosi dan pemasaran
Promosi yang baik dan efektif akan meyakinkan calon investor anda. Jelaskan strategi pemasaran anda dengan detail sehingga membuat investor yakin bahwa bisnis yang anda jalani akan berhasil.

Laporan keuangan
Cara membuat proposal bisnis yang baik adalah dengan memberikan laporan keuangan secara realistis. Anda bisa menjelaskan alokasi dana untuk modal usaha, perhitungan profit yang realistis dan berapa persen pembagian keuntungan antara investor sebagai pemberi modal dan anda sebagai pengelola usaha.

Penutup
Di bagian ini anda cukup mengucapkan kalimat sopan dan formalitas sebagai penutup proposal. Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada investor yang telah bersedia meluangkan waktu untuk membaca proposal tersebut apalagi jika bersedia ikut terlibat pada bisnis anda.

Lampiran
Cukup berikan biodata atau CV anda sebagai pemilik usaha sebagai bahan pertimbanagan untuk investor dan juga surat perjanjian jika ia ingin turut serta dalam membangun bisnis anda.

Itulah cara membuat proposal bisnis untuk mencari modal. Dengan proposal yang tepat maka impian anda membangun bisnis yang anda inginkan akan tersealisasi. Usahakan untuk membangun bisnis yang bermanfaat bagi banyak orang agar investor juga melihat sisi positif dari bisnis tersebut.