Cara Membuat Alamat Email Baru

Cara Membuat Alamat Email Baru - Alamat email memang diperlukan jika kita ingin berselancar di jagat dunia maya. Dengan banyaknya situs-situs yang membuka pendaftaran sebagai member mulai dari situs jejaring sosial sampai situs online shop akan memudahkan kita dalam berinteraksi di cyber world. Jika saat ini anda belum memiliki alamat email tentunya anda harus membuatnya terlebih dahulu karena alamat email sangat penting bagi kepentingan pribadi maupun sosial.


Jika anda belum tahu cara membuat alamat email baru, perhatikanlah beberapa panduan berikut agar anda bisa memiliki alamat email sesuai dengan kepentingan anda.

1. Pilihlah alamat email apa yang ingin anda miliki. Yahoo dan Gmail adalah alamat email yang paling umum digunakan oleh banyak orang. Selain itu dengan memiliki alamat email tersebut, berarti anda sudah memiliki account untuk instant messaging seperti YM(Yahoo Messenger) atau Gtalk.

2. Utamakan kepentingan apa yang membuat anda harus memiliki alamat email baru. Jika hanya sebagai account media sosial buatlah satu account khusus, namun jika untuk kepentingan pribadi lebih baik anda membuat alamat email tersendiri. Buatlah beberapa alamat email untuk beberapa kepentingan dan kebutuhan karena jika menyatukan semuanya dalam satu wadah jangan heran jika email anda akan diisi oleh spam dan email-email yang kurang penting.

3. Jika ingin membuat email pribadi, gunakanlah alamat email yang mudah diingat seperti nama pribadi. Misalnya Michael_Tjandra@yahoo.com atau Lyna.Wijaya@gmail.com. Jangan membuat alamat email dengan nama yang aneh karena jika untuk kepentingan bisnis dan pekerjaan, alamat email tersebut akan menunjukkan kesan profesional.

4. Cara membuat alamat email baru adalah dengan memasuki situs domain email tersebut dan melakukan registrasi. Isilah formulir sesuai dengan biodata anda dan gunakan password yang mudah diingat. Password sebaiknya bukan berisi nama atau tanggal lahir karena akan mudah sekali untuk dihack. Selain itu jika suatu saat anda lupa password untuk mengakses email anda, pilihlah pertanyaan dan jawabannya yang paling anda ingat di dalam form registrasi.

5. Berikanlah informasi valid dan bisa dipertanggungjawabkan ketika mengisi form registrasi email. Jangan lupa membuat alamat email lainnya sebagai back up jika alamat email yang anda buat ini tidak bisa diakses atau diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Rajin-rajinlah membuka email jika memang dirasa perlu untuk mengecek setiap informasi penting yang dikirimkan ke alamat email anda.

Cara membuat alamat email baru memang mudah, namun sebelum membuatnya perhatikanlah setiap kebutuhan dan kepentingan kita. Memiliki banyak email memang sah-sah saja namun lebih baik jika kita cukup memiliki 2-3 alamat email sesuai kebutuhan pribadi maupun kehidupan sosial. Dengan memiliki alamat email yang valid, kitapun dapat mengakses dunia maya sesuai keinginan kita.