Resep dan Cara Membuat Rawon Setan Surabaya

Resep dan Cara Membuat Rawon Setan Surabaya - Rawon adalah makanan yang berasal dari daerah jawa. Rasanya yang cukup enak membuat rawon ini banyak digemari dan diminati oleh banyak orang. Hampir di setiap daerah ada peminat masakan ini. Masakan yang umumnya menggunakan daging sapi yang telah dipotong kecil –kecil ini tidak terlalu sulit membuatnya, apalagi anda melihat tulisan yang akan membahas tentang cara membuat rawon ini.


Kebetulan rawon yang akan dibahas kali ini adalah rawon setan. Rawon yang berasal dari daerah Surabaya ini memiliki perbedaan sendiri dibandingkan rawon lainnya. Untuk mengetahui perbedaannya mari kita segera memulai memasak makanan ini dan bandingkan rasanya dengan rawon –rawon yang lainnya.

Bahan –bahan yang mesti kalian siapkan untuk membuat rawon setan ini adalah:
300 gram daging sapi, pilih yang agak berlemak
100 gram tauge pendek yang telah dicuci bersih
2 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
1 batang serai yang telah dimemarkan
2 cm lengkuas atau laos yang telah dimemarkan
Garam secukupnya
Merica secukuonya
6 gelas air
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri
3 buah kluwek yang telah diambil isinya
2 buah cabai merah

Bahan pelengkap yang bisa ditambahkan pada rawon setan ini:
Bawang merah yang digoreng renyah
Jeruk nipis
Sambal setan pedas
Telur rebus

  1. Sebelum memulai memasak akan saya jelaskan beberapa bahan baik bahan utama maupun bahan pelengkap yang belum dipahami. Buah kluwek biasa dikenal dengan sebutan buah pucung. Sedangkan sambal setan pedas dapat beli, karena biasanya sambal setan dijual per botol dengan harga tujuh puluh ribu rupiah per botol pada toko tertentu yang menjual rawon setan. Sangat sulit mencari referensi sambal setan di internet, jadi disarankan agar sambal setan tadi dipesan ke toko.
  2. Sekarang setelah mengetahui bahan –bahan tersebut kita bisa lanjut ke tahap selanjutnya yaitu membuat rawon setan. Hal yang pertama perlu kita lakukan adalah memotong kotak –kotak daging yang telah kita siapkan tadi, lalu siapkan cobek atau alat tumbuk untuk menghaluskan bumbu yang akan dipakai untuk ditumis. Masukkan bawang merah serta bawang putih yang tadi telah disiapkan, lalu masukkan pula kemiri dan kluwek untuk ikut ditumbuk. Dan jangan lupa masukkan cabai merah kedalamnya. Setelahnya tuangkan 2 sendok makan minyak goreng ke dalam penggorengan lalu panaskan. Setelahnya tumis semua bahan yang telah dihaluskan tersebut hingga harum lalu masukkan serai, dan lengkuas, serta daun salam dan juga daun jeruk kedalam tumisan, dan jangan lupa ditambahkan garam dan merica agar tumisan tersebut lebih berasa dan ketika aroma harumnya sudah mulai tercium angkat dan sisihkan sementara untuk memulai langkah selanjutnya.
  3. Langkah selanjutnya adalah masukkan air ke dalam panci lalu mulai rebus airnya hingga mendidih. Setelah mendidih masukkan potongan daging sapi tadi ke dalamnya beserta bumbu yang telah ditumis tadi ke dalam panci dan rebus hingga daging sapi matang dan terasa empuk. Apabila air yang digunakan kuran maka dapat ditambahkan lagi airnya sesuai kebutuhan anda.
  4. Hidangkan rawon dengan bahan pelengkap tadi dan rawon sudah siap disajikan.