Bb Vs Android

Bb Vs Android - Para pecinta gadget, terutama di Indonesia, kebanyakan menggunakan ponsel keluaran BlackBerry, sementara sebagian lainnya menggunakan ponsel Android. Keduanya memang tampaknya menjadi saingan untuk merebut hati para konsumennya dengan meluncurkan beberapa produk andalannya serta menghadirkan fitur-fitur yang canggih pada setiap produknya. Namun sebenarnya mana yang lebih unggul di antara keduanya? Berikut perbandingannya.


Yang akan dibahas pertama adalah BlackBerry. Sebelum munculnya ponsel Android, ponsel blackBerry telah lebih dulu mengambil hati pengguna ponsel, terutama di Indonesia. Apalagi orang Indonesia dikenal suka online, membuat BlackBerry ini unggul karena hadirnya fitur yang mendukung aktivitas internet mereka. Tidak ketinggalan dengan adanya fitur BBM yang memudahkan komunikasi antar pengguna BlackBerry. Selain itu, baterai BlackBerry juga dikenal tahan lama dan awet.

Di samping keunggulan tersebut, BlackBerry juga memiliki banyak pilihan produk, yang tentunya bisa disesuaikan dengan keinginan serta kebutuhan Anda. Ingin ponsel BlackBerry dengan keypad QWERTY? Anda bisa memilih BlackBerry Bold 9900 Dakota. Ingin ponsel BlackBerry dengan desain slide? Anda bisa memilih BlackBerry Torch 9810. Atau Anda ingin ponsel BlackBerry dengan layar sentuh? Anda bisa memilih BlackBerry Torch 9860 atau yang sekarang sedang populer yaitu BlackBerry Z10.

Dari sisi harga, ponsel-ponsel keluaran BlackBerry memiliki harga yang cukup stabil. Meski ada produk baru, harga ponsel BlackBerry lama seperti jenis Gemini atau Javelin masih memiliki harga yang tinggi. Hal ini jelas merugikan bagi Anda yang ingin memiliki ponsel BlackBerry namun memiliki dana terbatas.. Ditambah lagi, untuk bisa menikmati BBM serta akses internet, Anda membutuhkan langganan paket BlackBerry. Paket tersebut bukan paket internet biasa, melainkan paket khusus BlackBerry.

Kini kita beralih ke ponsel Android. Keunggulan dari ponsel Android adalah banyaknya pilihan vendor yang memproduksi ponsel Android tersebut, seperti misalnya Samsung, Sony, HTC atau vendor lainnya. Selain itu, dengan adanya Google Play, Anda bisa mengunduh game atau aplikasi untuk ponsel Android Anda, dan aplikasi-aplikasi tersebut bisa didapatkan secara cuma-cuma. Ponsel Android juga memberikan kenyamanan bermain game, sehingga jika Anda adalah seorang gamer, maka ponsel Android akan cocok untuk Anda.
Berbeda dengan BlackBerry yang harus berlangganan paket khusus BlackBerry, pada ponsel Android Anda bisa bebas memiilih paket yang sesuai dengan keinginan Anda. Bahkan Anda juga bisa tidak berlangganan internet karena biasanya ponsel Android sudah dilengkapi dengan fitur Wi-Fi. Anda juga bisa melakukan Rooting pada ponsel Android Anda untuk mendapatkan akses penuh pada ponsel Anda.

Kekurangan yang paling utama dari ponsel Android adalah daya tahan baterainya yang cepat habis. Meskipun kita sudah menghemat baterai dengan tidak menggunakannya atau dibiarkan dalam kondisi standby, tetap saja baterainya cepat habis. Apalagi jika sering digunakan untuk browsing atau bermain game, maka bisa dipastikan kalau baterainya akan lebih cepat habis.

Semoga dengan adanya perbandingan ini, Anda jadi bisa memutuskan akan menggunakan ponsel BlackBerry atau Android. Namun tetap semua kembali pada selera Anda dan masing-masing memiliki kelebihan serta kekurangannya sendiri.