Apa Itu Android ?

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi mendengar nama Android. bukan ?. Android ini bukan istilah lain dari robot. Android di sini biasanya berkaitan dengan teknologi, terutama ponsel atau tablet. Meskipun sudah dikenal banyak orang, belum tentu mereka mengerti dan paham tentang apa itu Android. Sebenarnya Android itu apa sih? Agar Anda bisa menjawab pertanyaan tersebut dan tidak dianggap gaptek, berikut pembahasan tentang definisi Android.


Android adalah sebuah sistem operasi berbasis Linux yang dibuat untuk perangkat berlayar sentuh atau touchscreen, seperti misalnya tablet atau ponsel pintar alias smartphone. Sistem operasi ini ditemukan oleh Andy Rubin yang lahir di New Bedford, Amerika Serikat, tanggal 22 Juni 1946 dan dikembangkan oleh Android Inc. Android Inc. ini kemudian dibeli oleh Google pada bulan Juni 2005, sehingga turut mengubah nama situs untuk mengunduh aplikasi Android yang bernama Android Market menjadi Google Play.

Ponsel pintar pertama yang menggunakan Android sebagai sistem operasinya adalah ponsel produksi HTC yang bernama HTC Dream, yang diluncurkan pada tanggal 22 Oktober 2008. Sedangkan pada akhir tahun 2009, jumlah ponsel yang menggunakan sistem operasi Android sudah bertambah menjadi 18 unit ponsel.
Sistem distribusi Android ini bersifat open source, sehingga para pengembang aplikasi atau game bisa membuat beragam aplikasi yang menarik untuk para penggunanya. Selain itu, berkat sistem distribusi open source ini, maka ponsel Android tersebut bisa memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan ponsel dengan sistem operasi lainnya, meskipun ada juga ponsel Android yang berharga mahal. Jumlah aplikasi Android yang tersedia di Google Play pada bulan Oktober 2012 tercatat mencapai sekitar 700 ribu aplikasi, dan jumlah aplikasi yang di unduh mencapai 25 milyar aplikasi. Sebuah angka yang sangat fantastis.

Karena berharga murah inilah, maka Android menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan, terutama oleh vendor ponsel atau tablet yang menginginkan harga produksi yang murah. Hal ini juga yang membuat fungsi utama ponsel untuk menelepon atau SMS, berubah ke fungsi yang lain, yaitu untuk internetan, nonton TV atau bermain game.

Untuk versi Android, yang pertama kali digunakan adalah Android 1.1, yang dikeluarkan pada tanggal 9 November 2009. Versi Android tersebut sudah dilengkapi dengan aplikasi-aplikasi yang beragam, seperti misalnya alarm, pengiriman pesan melalui Gmail, notifikasi email, serta voice search. Versi Android tersebut terus dikembangkan menjadi lebih baik, dan hingga kini Android sudah mencapai versi terbarunya yaitu Android 4.1 Jelly Bean, dan kabarnya akan hadir pula Android 5.0 Key Lime Pie, yang akan dirilis di waktu yang akan datang.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang apa itu android. Semoga bermanfaat dan membuat Anda tidak gaptek lagi.