Strategi Untuk Menentukan Target Pasar - Setelah anda telah memulai dan menjalankan suatu usaha, tentunya anda menginginkan usaha itu tetap berjalan dan terus berkembang. Untuk mencapai hal itu, sebaiknya anda mulai menentukan segmentasi pasar dari produk yang anda ciptakan. Apa sebenarnya segmentasi pasar itu? Bagaimana cara menentukan segmentasi pasar yang tepat?
Segmentasi pasar merupakan cara untuk menentukan target konsumen dari produk yang anda buat. Segmentasi pasar ini merupakan hal pokok dalam strategi pemasaran dan merupakan faktor penting untuk mengembankan bisnis anda. Menentukan target konsuman juga menjadi penentu sukses atau gagalnya sebuah produk. Jika target pasar yang anda bidik salah, maka dapat mengakibatkan sumber daya yang dikeluarkan akan terbuang sia-sia belaka. Oleh sebab itu, anda harus berhati-hati dalam menentukan target pasar karena pada dasarnya setiap produk mempunyai target konsumen sendiri-sendiri. Contohnya, ada pula yang menyukai motor matic, ada oran yang suka motor bebek, dan ada juga orang yang suka motor sport. Meski sama-sama motor, tetapi segmentasi pasarnya berbeda dan Anda harus jeli dalam melihat produk mana yang tepat untuk konsumen Anda. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menentukan target pasar yang tepat.
Membuat kualitas yang tepat.
Dalam membuat strategi pemasaran ke konsumen, anda harus menyesyaikan dengan profil dan selera konsumen. Misalnya saja, untuk konsumen menengah ke bawah, Anda bisa membuat pamflet, leaflet, ataupun brosur yang difotokopi dan disebarkan. Begitu pula sebaliknya untuk kalangan menengah ke atas, Anda dapat membuat presentasi, banner, atau brosur yang berkualitas dan memikat.
Menyesuaikan dengan perekonomian di daerah sekitar.
Akan menjadi tidak tepat apabila anda membuka pasar di daerah pemukiman yang tingkat perekonomiannya menengah ke bawah, sedangkan produk yang Anda tawarkan harganya sangat mahal sangat. Atau juga sebaliknya, jika produk yang anda tawarkan harganya sangat murah meriah tidak tepat apabila anda pasarkan di daerah masyarakat kalangan menengah ke atas karena yang mereka cari adalah prestise (kebanggaan) dan gengsi dari merk tertentu bukan harga yang murah.
Pentingnya survey.
Anda juga dapat melakukan survey dan riset kecil-kecilan terlebih dahulu sebelum Anda menentukan strategi pemasaran. Berikut dua cara yang dapat anda gunakan untuk melakukan survey :
1. Menentukan kelompok konsumen
Dalam menentukan segmentasi pasar, anda tidak boleh terjebak dalam pengelompokan berdasarkan hanya berdasarkan parameter demografi saja. Anda juga harus jeli untuk melihat kebiasaan konsumen dalam membeli sebuah produk. Sperti untuk konsumen pecinta kuliner malam hari. Ada yang memilih gudeg, ada yang menyakai bakmi Jawa, ada juga yang sekadar makan di angkringan. Merekalah yang disebut sebagai kelompok konsumen. Anda dapat menentukan pasar dan kelompok konsumen tadi dengan produk unggulan yang Anda buat.
2. Menentukan produk yang memberikan manfaat utama
Survey slanjutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan mengetahui manfaat utama yang paling dicari oleh target konsumen anda. Apakah mereka menginginkan tempat makan yang santai, harga yang relatif murah, atau diskon yang menarik. Pada intinya, anda harus mengetahui produk seperti apa yang diinginkan oleh kelompok konsumen tersebut.