Cara Membuat Susu Kacang Kedelai yang Enak

Cara Membuat Susu Kacang Kedelai yang Enak  - Susu keledai adalah salah satu jenis susu nabati yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan gizi yang tinggi yang terdapat di dalamnya mampu memenuhi kadar gizi seperti protein, vitamin, serta lemak dalam tubuh. Selain nikmat serta menyegarkan dan tentunya bermanfaat bagi tubuh membuat susu kedelai ini sangat di sukai oleh kebanyakan orang. Namun tentu merepotkan jika dalam mengkonsumsi susu kacang keledai ini kita harus membelinya di luar sana, selain akan membengkaknya anggaran belanja anda dan tentunya juga sangat merepotkan. Namun ada solusi lain dimana anda tetap dapat mengkonsumsi dari susu kedelai ini tanpa harus di repotkan membeli susu kedelai ini di luaran sana, solusinya adalah dengan anda membuat sendiri susu kedelai tersebut. Sulit kah membuat sendiri susu kedelai ini? Tidak, banyak juga pecinta susu kedelai ini berpendapat bahwa membuat susu kedelai sendiri sangatlah sulit, namun sebenarnya tidak. Nahh untuk membuktikannya, pada kesempatan yang baik ini saya akan memberikan tips cara membuat susu kedelai yang enak yang anda pun dapat melakukannya sendiri dirumah. Selain menghemat uang belanja anda dan pastinya menyehatkan bagi tubuh. Agar tidak berlama-lama langsung saja kita simak penjelasan terkait pembuatan susu kedelai ini.


Di bawah ini adalah cara membuat susu kedelai yang enak :
  1. Yang pertama anda harus lakukan adalah menyiapkan bahan-bahannya. Bahan-bahan yang diperlukan seperti kacang kedelai ½ Kg, gula pasir, garam,dan terakhir vanili.
  2. Setelah menyiapkan bahan-bahan yang di perlukan, langkah selanjutnya adalah menyiapkan peralatan yang akan di gunakan dalam pembuatan susu kacang kedelai, peralatannya diantaranya blender, kompor, panci dan kain yang tipis.
  3. Setelah semua di persiapkan dari bahan-bahan hingga peralatan, langkah selanjutnya adalah persiapan membuat susu kedelai tersebut.
  4. Pertama-tama kedelai tadi di cuci hingga bersih selama 8 sampai 12 jam hingga kacang kedelai mengembang dan empuk, dalam proses pencucian, disarankan ganti air pencucian setiap 4 jam sekali.
  5. Setelah 8 – 12 jam pencucian, lakukan pencucian kembali untuk pencucian terakhir dengan air bersih.
  6. Langkah selanjutnya adalah kacang kedelai yang sudah di cuci tadi kita masak hingga matang lalu tiriskan.
  7. Setelah dingin, langkah selanjutnya adalah dengan memblender kacang kedelai tersebut sesambil memberikan air dengan perbandingan 1 : 2 (satu kedelai : air) agar mendapatkan susu kedelai yang kentalnya pas.
  8. Hasil dari blender tadi di saring dengan menggunakan kain tipis yang bersih.
  9. Hasil dari saringan tadi masih berupa susu mentah.
  10. Langkah selanjutnya adalah memasak susu kedelai mentah (usahakan menggunakan api yang kecil).
  11. Sambil memasaknya jangan lupa diaduk secara terus menerus dengan tujuan kedelai tidak mengendap dan tahan lebih lama (tidak mudah basi).
  12. Langkah selanjutnya adalah dengan menambahkan gula atau garam menurut selera anda. Dan terakhir adalah susu kedelai siap untuk di hidangkan. Selamat menikmati susu kacang kedelai ala tangan sendiri.