Cara Membuat Daftar Pustaka yang Baik

Cara Membuat Daftar Pustaka yang Baik - Jika anda menulis sebuah karya ilmiah, hadirnya daftar pustaka dalam karya ilmiah anda sangatlah penting. Karena adanya daftar pustaka tersebut menjadi kriteria atau syarat wajib dari karya ilmiah.  Dalam penulisan daftar pustaka sendiri banyak sekali pemodelan penulisannya, namun setidaknya ada 2 penulisan daftar pustaka yang banyak di gunakan dalam pembuatan karya ilmiah. Diantaranya APA (American Phsychological Association) style dan MLA (Modern Language Association) Style. Diantara Keduanya mempunyai perbedaan dalam hal penulisan dari daftar pustaka. Karena daftar pustaka ini menjadi hal penting dalam berbagai penulisan ilmiah, maka pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat daftar pustaka yang benar. Untuk mempersingkat waktu, mari kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.
Berikut ini adalah Cara membuat dafar pustaka :
  1. Urutkan berdasarkan Alfabet.
Dalam pembuatan daftar pustaka, dimana penyususnan di lakukan dengan mengurutkannya berdasarkan alfabet dari atas hingga kebawah, namun aturan ini tidak berlaku untuk angka.

  1. Aturan penulisan nama pengarang
Dalam penulisan daftar pustaka, dimana nama pengarang belakang ditulisakan terlebih dahulu, baru kemudian di ikuti dengan nama depan pengarang.

  1. Aturan penulisan aturan tahun terbit buku
Untuk catatan tahun terbit buku di berikan tanda garis bawah atau huruf miring.

  1. Aturan penulisan judul buku
Sesudah penulisan judul buku waib diakhiri dengan tanda titik.

  1. Aturan penulisan kota terbit serta nama penerbitnya.
dalam penulisan kota terbit dan naam penerbitnya diatara keduanya diberikan tanda penghibung titik dua (:), kemudian diakhirnya diberiakan tanda titik.

  1. Dua referensi dalam penulisan karya ilmiah
Apabila anda mempunyai 2 referensi/sumber dalam karya ilmiah anda, maka dalam penulisan daftar pustaka referensi/sumber yang mempunyai tahun terbit paling lama di dahulukan dalam penulisan, lalu kemudia di ikuti dengan Referensi/sumber yang yang mempunyai tahun terbit baru. Tidak lupa juga dalam penulisan, anda harus membubuhkan garis panjang.

  1. Jika referensi/sumber yang anda dapatkan dalam karya ilmiah anda berasal dari internet, maka dalam penulisan daftar pustaka menggunakan bibliografi online degan komponen sebagai berikut
  • Nama pengarang                :
  • Tanggal revisi terakhir         :
  • Judul Makalah                    :
  • Media yang memuat           :
  • Url                                     :
  • Tanggal Akses                   :
  1. Aturan jika referensi/sumber dalam karya ilmiah anda, berasal dari buku yang mempunyai 2 pengarang atau lebih.
  • Penulisan nama memakai huruf besar dahulu setelah itu sesudah nama belakang di bubuhkan tanda , (koma).
  • Jika ada 2 sumber nama dlam referensi anda, sertakan tanda dan (&) atau serta pada nama kedua pengarang.
  • Untuk nama kedua dan ketiga penulisanny sama saja tidak ada perubahan, yang berubah hanya nama dari ornag pertama tersebut.
Demikian cara membuat daftar pustaka yang baik dan bener, semoga dapat bermanfaat untuk anda kedepannya dalam pembuatan karya ilmiah.