Apa Arti Cinta Sejati Itu ?

Apa Arti Cinta Sejati ? - Mungkin anda sudah sering mendengar ungkapan cinta atau rasa kasih sayang seperti ‘I love you’, ‘aku mencintaimu’, ‘aku menyayangimu’ atau ungkapan cinta lainnya dalam bentuk kata-kata. Namun apakah kita tahu apa arti cinta sejati yang sesungguhnya itu? Cinta bukan hanya antara pasangan lawan jenis, cinta juga bisa terjadi pada hubungan yang lebih kompleks seperti dengan anggota keluarga atau dengan Sang Pencipta. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya perhatikan beberapa penjelasan tentang makna cinta yang sesungguhnya tersebut.


Cinta kepada Tuhan
Spiritual dan kereligiusan seseorang akan menjadi pengukur kadar cinta ini. Jika anda memiliki hubungan yang dekat dengan Yang Maha Kuasa pasti anda akan menunjukkan bukti nyata dari cinta tersebut, misalnya dengan menjauhi segala dosa dan larangan-Nya dan hidup sesuai dengan perintah-Nya. Kasih Tuhan kepada kita memang tidak bisa diukur atau dibalas dengan perbuatan kita, namun sebagai manusia tentunya kita juga harus memiliki keyakinan dan kepercayaan yang akan tumbuh menjadi rasa cinta kepada Tuhan. Cinta jenis ini terkadang lebih dikenal dengan sebutan ‘kasih.’

Cinta kepada keluarga
Jangan pernah lupa bahwa anda terlahir di dunia karena cinta dan kasih sayang dari orangtua anda. Cinta dari keluarga terutama dari orangtua anda sangatlah besar, karena itu ada pepatah yang mengatakan ‘kasih ibu sepanjang jalan, sedangkan kasih anak sepanjang galah.’ Mungkin anda tidak bisa membalas cinta kasih dari orangtua terutama ibu, namun sebagai anak yang berbakti dan menghormati orangtua sudah sepantasnya kita mengasihi mereka dan memberikan perhatian saat usia mereka semakin menua. Hal yang sama juga terjadi jika anda memiliki saudara seperti kakak atau adik di dalam keluarga anda.

Cinta kepada sahabat
Ada yang mengatakan bahwa sahabat adalah bayangan kita, namun saya kurang sependapat karena bayangan hanya ada di waktu terang saja. Berarti sahabat hanya ada disaat kita senang dan bahagia, lalu disaat kita sedang mengalami masa-masa gelap dalam hidup kita, dimanakah mereka? Seorang sahabat akan menjadi teman yang selalu membuka tangannya untuk kita, baik dalam suka maupun duka mereka akan selalu menemani kita dalam melewatinya. Cinta kepada sahabat merupakan bentuk dari rasa kesetiakawanan dan bersifat unisex.

Cinta kepada kekasih
Apa arti cinta sejati itu jika kita mencurahkannya kepada orang yang kita kasihi? Cinta kepada pasangan akan menjadi cinta sejati jika kita kita ingin menjaga serta melindunginya, selain itu cinta kita juga harus bertujuan positif dan bukan untuk hal-hal yang negatif. Cinta kepada lawan jenis akan menjadi tak ternilai harganya jika cinta tersebut bertujuan untuk membahagiakan pasangan atau kekasih kita.
Salama hidup kita akan terus merasakan berbagai bentuk cinta yang hadir dalam hidup kita. Walaupaun tidak semuanya berujung baik, dengan mengalami perasaan cinta tersebut pada akhirnya akan membuat kita sadar tentang apa arti cinta sejati yang sesungguhnya.