Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Jantung

Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Jantung - Penyakit Jantung mendengar jenis penyakit ini saja sudah sangat mengerikan, apalagi kita mengalami jenis penyakit ini. Berdasarkan data yang ada penyakit jantung ini merupakan penyebab utama kematian di beberapa negara berkembang, Tak terkecuali negara kita Indonesia, yang mana penyakit jantung juga sebagai pembunuh utama terbesar. Penyakit jantung ini biasanya timbul dikarenakan kurang baiknya nutrisi dari bahan makanan serta minuman yang sehari-hari kita makan. Jenis makanan berlemak yang mengandung lemak jahat adalah salah satu contoh jenis makanan yang dapat meningkatkan penyakit jantung ini. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena tahukan anda bahwa ternyata coklat mempunyai manfaat penting dalam menjaga kesehatan jantung. Mungkin anda heran, sebuah coklat yang lezat itu dapat berkhasiat dalam menjaga kesehatan jantung. Masih tidak percaya ?? Mari kita simak penjelasan tentang kebaikan coklat terhadap kesehatan jantung.


Nama coklat sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu Theobroma cacao dimana Theo (Dewa) dan Broma (Minuman). Atau dengan kata lain bahwa Coklat ini adalah jenis minuman untuk para dewa. Hal ini di benarkan oleh peradaban suku Inca. Suku Inca sendiri juga menganggap sebuah coklat sebagai makanan bagi para dewa mereka. Nahh itu adalah sekilas tentang sejarah penamaan coklat, lalu dimanakah hubungan antara coklat terhadap kesehatan jantung?? jika kita tinjau dalam ilmu nutrisi dan pangan ternyata coklat ini kaya akan mengandung polifenol4 bahkan kandungan polifenol4 yang terdapat pada coklat ini lebih banyak jika di bandingkan dengan polifenol4 yang terdapat pada buah anggur. Selain pelifenol4 coklat juga mengandung Senyawa aktif yang berperan terhadap penyakit jantung, hal tersebut dikarenakan senyawa aktif tadi yang siap menjadi sebuah antioksidan, meningkatkan HDL serta sebagai zat anti peradangan. Tidak hanya itu juga senyawa aktif yang terdapat pada coklat juga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah dan memperbaiki fungsi dari pembuluh darah.

Kandungan kaya akan polifenol4 pada coklat ini nantinya akan memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung  hal ini di buktikan dengan adanya beberapa penelitian terkait pernyataan di atas. Seperti penelitian yang melibatkan orang india Kuna. Jumlah populasi kematian yang terjadi pada peradaban India Kuna yang diakibatkan oleh penyakit jantung sangat rendah sekali. Mengapa demikian ??? hal ini di karenakan kebiasaan dari masyarakat Indian Kuna sendiri yang selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung coklat. Penelitian berikut dilakukan oleh fraga et al pada yang menyatakan bahwa dengan anda mengkonsumsi rutin kandungan makanan yang mengandung coklat maka secara tidak langsung anda telah melakukan penurunan kandungan kolesterol jahat hingga 15%, atau dengan kata lain anda lebih siap untuk terhindar dari serangan penyakit jantung tadi. Jadi banyak sekali peran yang bermanfaat dari sebuah coklat khususnya pada kesehatan jantung,

Bagi anda penggemar coklat sendiri, mungkin informasi ini menjadi kabar yang sangat baik, dimana anda dapat menikmati makanannya favorit anda dan secara bersamaan anda pun telah menjaga kesehatan jantung anda. Jadi tunggu apa lagi segera konsumsi secara rutin jenis makanan yang mengandung coklat atau makan jenis coklat, untuk lebih sayangi jantung anda.