Pengertian Asuransi Kesehatan

Pengertian Asuransi Kesehatan - Kekayaan memang sangat sulit dicari akan tetapi digemari oleh hampir setiap orang. Memiliki keluarga bahagia, dan kenyamanan serta keamanan juga banyak dicari oleh hampir setiap orang. Dan yang paling mahal harganya adalah kesehatan seseorang. Kenapa dibilang sangat mahal harganya, karena orang yang sehat apabila sakit maka akan mengeluarkan biaya yang amat sangat besar dan pastinya besarnya biaya tergantung dengan seberapa parah penyakit. Untuk dari itu apabila kita sakit setidaknya kita harus memiliki keuangan untuk menyembuhkan diri melalui berobat ke rumah sakit maupun terapi. Akan tetapi perlu diingat bahwa tadi sudah dijelaskan bahwa kesehatan memang tidak murah harganya, serta memang diperlukan biaya yang amat besar jika ingin benar –benar sembuh dan sehat.


Salah satu pertanyaan yang timbul dengan permasalahan tersebut ialah, apabila seseorang sakit dan tidak memiliki keuangan yang cukup untuk membayar biaya tersebut dan tidak memiliki cukup biaya saat itu, dan misalnya bank di sekitar sedang tutup, bagaimana cara dia membayar biaya pengobatan yang misalnya terlalu mahal atau dapat dijangkau tetapi memiliki kendala seperti di atas, maka hanya satu solusinya yaitu asuransi kesehatan. Pengertian asuransi kesehatan itu sendiri adalah sebuah jenis produk asuransi yang memang secara khusus mengurusi biaya kesehatan maupun perawatan para anggota asuransi jika mereka mengalami kecelakaan maupun sakit. Sedangkan proses perawatan bagi para anggota asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, yaitu rawat inap dan rawat jalan. Proses atau system yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi sangat sederhana walaupun memang tidak terlalu sederhana.

Di Indonesia ini sendiri memiliki banyak perusahaan asuransi yang menyelenggarakan asuransi kesehatan dan bahkan perusahaan asuransi social, perusahaan asuransi jiwa, dan perusahaan asuransi umum pun menyelenggarakan produk asuransi kesehatan. Untuk lebih mengetahui tentang asuransi kesehatan maka selain pengertian asuransi kesehatan kita juga harus mengetahui tentang bagaimana system produk asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi kepada anggotanya. Pertama yang harus dilakukan oleh anggota asuransi untuk mendapatkan asuransi kesehatan adalah membayar secara berkala kepada perusahaan asuransi tersebut. lalu setelahnya apabila para anggota asuransi sakit ataupun kecelakaan akan diproses melalui standar masing –masing perusahaan asuransi dan akan dibayarkan biaya pengobatannya maupun perawatannya oleh perusahaan asuransi.

Secara garis besar memang perusahaan asuransi melakukan system yang hampir sama dengan bank. Para anggota menyimpan uangnya pada perusahaan asuransi, uang tersebut di tabung didalamnya untuk nanti dipergunakan. Bedanya dengan bank ialah uang yang di tabung pada bank dapat diambil untuk banyak kebutuhan, sedangkan untuk perusahaan asuransi uang yang di tabung langsung digunakan untuk kepentingan kesehatan, pengobatan dan perawatan. Sekian sedikit artikel tentang pengertian asuransi kesehatan beserta garis besar dan contoh –contoh perusahaan yang terlibat didalamnya.